Jokowi-Megawati Jadi ''King Maker'', Pengamat: Prabowo-Puan Peluang di Pilpres 2024, Asyik Bisa Lanjutkan Proyek Pembangunan IKN

Rabu, 11 Mei 2022 11:45 WIB

Share
Prabowo Subianto dan Puan Maharani. Foto: (Diolah dari Google)
Prabowo Subianto dan Puan Maharani. Foto: (Diolah dari Google)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID  - Pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Robi Sugara menilai Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri akan berperan penting dalam pertarungan pemilihan presiden 2024 mendatang. 

"Keduanya adalah king maker," ujarnya, Jakarta, Rabu (11/5/2022).

Dikatakan, keduanya memiliki kemampuan secara politik untuk menentukan sosok penentu siapa pasangan calon presiden dan wakil presiden pada 2014.

"Jokowi sebagai presiden dua periode yang diusung PDI-P, memiliki pendukung militan dan sudah tentu pendapat presiden akan sangat dipertimbangkan dalam penentuan pasangan calon yang diusung partai banteng pada Pilpres 2024," kata Robi, Rabu  (11/5/2022).

"Sementara itu, Megawati sebagai Ketua Umum PDI-P selain memiliki suara terbanyak dalam pemilu kemarin, partai ini memiliki pengikut yang ideologis dan satu komando," sambung dia.

Dia menilai pilihan rasional secara politik dari dua king maker ini adalah memadukan antara Prabowo Subianto-Puan Maharani dalam Pilpres 2024.

 "Dua pasangan ini sangat berpeluang," ucap Robi.

Bagi Jokowi, Prabowo dan Puan adalah orang dekat yang pernah menjadi anak buahnya. Sebelum menjabat sebagai Ketua DPR, Puan pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan pada kepemimpinan pertama Presiden Jokowi, 2014-2019. 

"Boleh dikatakan Presiden Jokowi puas dengan kinerja Puan karena ia terus dipakai sampai akhir masa jabatan periode pertama. Puan tak dipilih lagi sebagai menteri semata karena terpilih sebagai Ketua DPR," kata Robi.

Sementara itu, Prabowo juga adalah menteri pertahanan di kabinet Presiden Jokowi saat ini. Meski Jokowi dan Prabowo pernah bertarung sengit di Pilpres 2014 dan 2019, namun hubungan keduanya tetap terjalin baik. 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler