Perayaan Hari Waisak, Puan Maharani Ajak Semua Umat Pelihara Kerukunan Beragama

Senin, 16 Mei 2022 19:30 WIB

Share
Puan Maharani.(ist)
Puan Maharani.(ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Hari ini umat Buddha di Indonesia merayakan Hari Raya Waisak, Senin (16/5/2022).

Ketua DPR RI, Puan Maharani pun tak lupa mengajak umat Buddha di Indonesia untuk membangun nilai-nilai luhur bangsa, sekaligus merefleksikan kembali ajaran-ajaran Sidharta Gautama.

"Secara garis besar Waisak tahun ini mengingatkan kita semua untuk lebih dan terus menjaga dan memelihara kerukunan atau moderasi antarumat beragama," kata Puan.

Puan menambahkan nilai-nilai universal dharma Sang Buddha penting dalam membangun bangsa yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian.

Selain itu, Puan juga mengajak umat Buddha untuk senantiasa merenungkan kembali apa yang telah disampaikan Sang Buddha dan menebarkan kebaikan kepada sesama.

Mantan Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) ini menambahkan, Waisak tahun ini dirayakan masih dalam situasi pandemi Covid-19. Sehingga ajaran Buddha untuk saling membantu sesama di masa sulit ini sangat relevan.

“Pendidikan Buddhist dengan tujuan keadilan sosial dan perdamaian dunia adalah sebuah tekad yang ingin dibentuk oleh umat Buddha," ucap Puan.

Mengutip pidato Presiden Pertama RI, Ir Soekarno, Puan juga mengajak umat Budha dan segenap rakyat hendaknya ber-Tuhan secara kebudayaan, yakni dengan tiada "egoisme-agama". 

Dan hendaknya negara Indonesia satu negara yang ber-Tuhan.

“Marilah kita amalkan dan jalani kehidupan beragama dengan cara yang berkeadaban, yaitu dengan hormat-menghormati satu sama lain,” tutupnya.

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler