Gempur Suriah, Israel Dapat Serangan Balik Rudal Canggih dari Rusia

Selasa, 17 Mei 2022 16:15 WIB

Share
Ilustrasi peralatan tempur Rusia (Wikipedia)
Ilustrasi peralatan tempur Rusia (Wikipedia)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Israel kembali menggempur wilayah Masyaf Suriah.

Setelahnya Rusia dilaporkan memberikan serangan balik.

Tak tanggung-tanggung, Rusia menembakan rudal canggih S-300 yang menyasar jet tempur Israel.

Serangan ini merupakan serangan balasan atas tindakan militer Israel pada Jumat lalu, di mana Israel saat itu menyerang wilayah Masyaf, termasuk pangkalan militer Iran di Barat laut Suriah.

Akibat serangan itu menewaskan lima orang dan menyebabkan tujuh orang luka-luka ini sempat dihalau oleh militer Suriah. 

Tetapi, tangkisan ini dinilai tidak berhasil. Militer Suriah saat itu berusaha menembakkan puluhan rudal untuk menghalau pesawat Israel, tetapi sebagian besar tembakan disebut tidak efektif. 

Jet tempur Israel akhirnya meninggalkan wilayah tersebut setelah pasukan militer Rusia menembakkan rudal canggih S-300.

Menteri Pertahanan Israel Benny Grantz menyebut bahwa tidak ada yang mampu menghalagi tindakan Israel di Suriah yang disebut sebagai upaya agar Iran tidak mentransfer senjata canggih melalui wilayah Suriah.

Hal ini merujuk pada tuduhan lama yang disematkan Israel kepada Iran yang dianggap menyuplai amunisi canggih pada kelompok teror Hizbullah Lebanon melalui wilayah Suriah.

“Israel akan terus bertindak melawan setiap musuh yang mengancamnya dan mencegah transfer kemampuan canggih dari Iran yang membahayakan warga Israel dan merusak stabilitas seluruh Kawasan,” ucap Grantz seperti dikutip dari laman Times of Israel.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler