Begini Modus Pengiriman Narkoba ke Dalam Lapas yang Tertangkap, yang Lolos Tak Terungkap

Kamis, 19 Mei 2022 17:18 WIB

Share
Begini Modus Pengiriman Narkoba ke Dalam Lapas yang Tertangkap, yang Lolos Tak Terungkap
Barang bukti berupa ganja kering yang hendak diselundupkan di Rutan Kelas 1 Salemba, Jakarta Pusat berhasil diamankan petugas rutan.(ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Permasalahan narkoba di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) di Jakarta belum tuntas.

Percobaan penyelundupan narkoba di Rutan Salemba, Jakarta Pusat kembali terjadi. Namun, hal tersebut digagalkan oleh petugas yang curiga akan isi dari paket yang dikirim melalui jasa pengemudi ojek online.

Kepala Rutan Kelas 1 Salemba, Jakarta Pusat, Fonika Affandi mengungkapkan bahwa aksi penyelundupan itu dikirim oleh keluarga dari salah satu warga binaannya.

"Jadi, awalnya asal paket itu dari Surabaya, itu dikirim ke alamat keluarga warga binaan inisial C. Itu alamatnya di Jakarta. Setelah sampai di sana, sama keluarganya itu mungkin nitipin baju atau apa jadi paket itu dibuka dimasukkan baju," ungkap Fonika, Kamis (19/5/2022).

Kemudian, paket itu ditutup kembali selayaknya dengan paket pengiriman dari ekspedisi semula.

Setelah itu dikirimkan melalui jasa kurir ke warga binaan atas inisial F.

"Nah, sesampainya di sini dengan anggota tuh kan diperiksa, dimasukan sinar X Ray ya karena mencurigakan ini segala macam, dibuka paket itu dicek ya ternyata itu ditemukan jenis ganja kering," ucap Karutan Salemba.

Alhasil, Petugas Rutan menggagalkan penyelundupan ganja kering seberat satu ons yang dikemas dalam kemasan bibit daun teh dan dibalut pakaian.

Lebih lanjut, Fonika mengatakan, setelah menemukan barang haram tersebut, pihaknya langsung menghubungi Kepolisian Sektor Cempaka Putih.

"Serta warga binaannya juga kita mintai keterangan," ujarnya.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar