Baru Dapat Hadiah dari NATO, Prajurit Ukraina Tembak Jatuh MI-24 Rusia Pakai FIM-92 Stinger

Jumat, 20 Mei 2022 23:06 WIB

Share
Baru Dapat Hadiah dari NATO, Prajurit Ukraina Tembak Jatuh MI-24 Rusia Pakai FIM-92 Stinger
Seorang prajurit Ukraina dan helikopter MI24 yang rontok ditembak.(ist)

UKRAINA, POSKOTA.CO.ID - Sebuah video yang memperlihatkan seorang prajurit memanggul peluncur rudal stinger berada di sebuah bukit.

Tayangan video yang diunggah akun Task Force Citadel itu menyebutkan bahwa penembak tersebut merupakan tentara Ukraina.

Dia juga mengatakan bahwa bantuan senjata dari negara-negara NATO telah diterima pemerintah yang dipimpin Vlodymyr Zelensky tersebut.

Video yang beredar sejak seminggu lalu itu menceritakan seorang prajurit Ukraina berhasil menembak jatuh helikopter Mi-24 milik Rusia menggunakan FIM-92 Stinger.

Missile yang diluncurkan dengan cara dipanggul itu merupakan  peluru kendali darat ke udara yang dikembangkan di Amerika Serikat.

Missile jenis itu dipakai oleh semua cabang angkatan bersenjata Amerika Serikat. Dan senjata mulai dipakai sejak tahun 1981. 

Senjata rudal ini diproduksi oleh Raytheon Missile Systems dan diproduksi dengan lisensi oleh EADS di Jerman. Raytheon mengklasifikasikan peluru kendali ini sebagai MANPADS (Man-Portable Air-Defense System).

Senjata rudal ini digunakan oleh militer Amerika Serikat serta 29 negara lainnya. Dari informasi yang didapat, sekitar 70.000 senjata ini telah diproduksi.

Pada masa perang Afghanistan pada tahun 80-an, Amerika Serikat mensuplai pejuang Mujahidin dengan senjata ini dan terbukti sangat ampuh untuk merontokkan pesawat-pesawat Uni Soviet di medan yang bergunung.

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar