Oh Ternyata, Puan Maharani Itu Salah Satu Pahlawan Reformasi Lho, Tugasnya Masak Sayur, Ikan, Tahu dan Tempe di Dapur

Sabtu, 21 Mei 2022 14:37 WIB

Share
Oh Ternyata, Puan Maharani Itu Salah Satu Pahlawan Reformasi Lho, Tugasnya Masak Sayur, Ikan, Tahu dan Tempe di Dapur
Wong Cilik beri dukungan untuk Anies Baswedan dan Puan Maharani (IST)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Ketua DPR ri Puan Maharani mengenang pengalamannya saat reformasi pecah pada Mei 1998, atau tepat 24 tahun silam. Saat itu Puan baru menginjak usia 20 tahun.

Sebagai pemudi yang baru lulus kuliah, Puan turut terlibat dan menyaksikan proses pelengseran Presiden Soeharto yang telah berkuasa selama 32 tahun. 

"Saat reformasi saya mengurusi dapur umum di rumah saya di Kebagusan," kata Puan, Sabtu, (21/5/2022).

Puan mengatakan, setiap hari banyak orang turun ke jalan dan berada di sekitar rumahnya saat itu. Bahkan, Puan sampai tidak bisa keluar rumah karena banyaknya orang yang ingin melengserkan kekuasaan Soeharto. 

"Di depan pagar rumah saya itu terjadi. Saya masih gadis muda yang tidak bisa keluar rumah," ucapnya.

Namun karena tetap ingin berperan dalam proses reformasi itu, Puan pun memutuskan menjadi juru masak untuk hidangan para aktivis yang lalu lalang di depan rumahnya. 

Cucu dari proklamator Bung Karno ini masih ingat persis menu yang ia masak saat itu, yakni ikan, tempe, tahu dan sayur sop.

"Saat itu masak seberapa pun banyaknya tidak cukup. Sayurnya asal cemplung. Sop yang penting airnya banyak atau sayurnya yang banyak," kenang Puan. 

Tak terasa, kini 24 tahun sudah berlalu sejak peristiwa reformasi yang berhasil melengserkan Soeharto. Puan tumbuh dari gadis muda belia menjadi politisi yang berpengalaman.  Jabatan menteri hingga kini ketua DPR diembannya. 

Politisi PDI-P ini pun menilai reformasi telah menjadi bagian penting bukan hanya bagi karir politiknya, tapi juga sebagai bagian dari sejarah bangsa ini.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar