Sukses Bikin Aplikasi PeduliLindungi, Menko Luhut Ditunjuk Jokowi jadi Sutradara Ngurusi Minyak Goreng Curah Wilayah Jawa-Bali

Selasa, 24 Mei 2022 16:53 WIB

Share
Sukses Bikin Aplikasi PeduliLindungi, Menko Luhut Ditunjuk Jokowi jadi Sutradara Ngurusi Minyak Goreng Curah Wilayah Jawa-Bali
Menko Luhut dan Presiden Jokowi.(Tiktok)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengungkapkan alasan penunjukan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan untuk mengurusi persoalan minyak goreng curah di wilayah Jawa - Bali.

Dalam keterangan resminya, Selasa (24/5/2022), Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Oke Nurwan mengatakan, penunjukan oleh Presiden Jokowi tersebut dilatarbelakangi atas kesuksesan Menko Luhut dalam menerapkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). 

Salah satunya dengan penggunaan teknologi melalui aplikasi PeduliLindungi. "Pak Luhut berpengalaman di PPKM, PeduliLindungi nasional tuh, walaupun motornya Jawa-Bali," ujar Oke.

Dalam mengemban tugas barunya, lanjut Oke, Menko Luhut akan berperan layaknya sutradara. Yakni menjadi koordinator dari seluruh kementerian/lembaga teknis untuk mewujudkan minyak goreng curah Rp14.000 per liter. 

"Pak Luhut itu sutradara, semua jadi bagian anak buahnya. Erick Thohir juga turun," ungkapnya.

Oke menambahkan, Menko Luhut juga telah memberi arahan terkait pengembangan sistem aplikasi digital untuk memantau distribusi minyak goreng sekaligus digunakan untuk sarana pembelian. Yakni, dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) untuk membeli minyak goreng curah daripada membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP).

"Tadinya (pembelian) mau pakai KTP. Tapi, kata pak luhut (NIK) aja," tutupnya.

Seperti diketahui sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan kembali mendapatkan tugas dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk ikut menangani persoalan minyak goreng.

Hal itu disampaikan Luhut dalam sambutannya secara virtual pada acara Perayaan Puncak Dies Natalis ke-60 Gamki pada Sabtu (21/5/2022). 

Saat itu, Luhut mengatakan awalnya dirinya ingin hadir langsung pada acara tersebut, tapi karena ada tugas dari Presiden Jokowi, maka dirinya hanya bisa hadir secara virtual.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar