Tembakan ATGM-nya Jarang Meleset, Brigade Mekanik K2 Ukraina Ini Kerap Bikin Ciut Awak-awak Tank Rusia

Selasa, 24 Mei 2022 20:57 WIB

Share
Seorang tentara Ukraina memanggul alutista jenis ATM dan melontarkan roket dipandu doren berhasil menghantam tank Rusia.(ist)
Seorang tentara Ukraina memanggul alutista jenis ATM dan melontarkan roket dipandu doren berhasil menghantam tank Rusia.(ist)

UKRAINA, POSKOTA.CO.ID - Dalam perang Rusia Vs Ukraina, tak hanya melibatkan para tentara profesional di antara kedua pihak. Tapi juga para militan, relawan, kelompok-kelompok sparatis untuk mendukung kedua pasukan. 

Masing-masing memiliki kekuatan dan kehandalan saat bertempur di lapangan. Ada satu kelompok pejuang Brigade Ukraina dari Brigade Mekanik Terpisah Ke-54. Saat menghadapi Brigade ini, pasukan tank Rusia sangat hati-hati dan waspada. 

Dipersenjatai roket anti tank atau pelontar granat, ATGM dan Manpads bantuan NATO, para pejuang K2 dari Brigade Mekanik Terpisah ke-54 ini dinamai Hetman Ivan Mazepa. 

Sudah puluhan kali kelompok ini unjuk gigi. Terutama dalam menargetkan sasaran ranpur lapis baja Rusia di wilayah Donetsk.

Dipandu video dari drone Ukrainian R-18 yang diterbangkan, mereka bisa selalu tepat sasaran menghantam tank-tank tentara Putin. Pasukan ini menunjukkan tembakan yang terampil dan efektif. Mampu menghancurkan beberapa unit kendaraan lapis baja dalam bersamaan dan menggagalkan serangan tank Rusia.

Pasukan Rusia kerap kali dibikin kesulitan  ketika berada di bawah tembakan artileri dan sayap dari senjata anti-tank. Apalagi dipantau drone-drone Ukraina, rudal memang beberapa kali meleset ketika tank-tank Rusia melakukan aksi zig zag. Namun demikian, sasaran itu tak pernah meleset. Dalam beberapa detik ranpur lapis baja Rusia meledak dengan sangat kuat.

Seperti terlihat dalam tayangan video ketika seorang tentara Ukraina memanggul ATGM. Setelah mendapatkan sasaran tepat. Dipandu drone, pelontar rudal itu meluncur dan terlihat jelas  tank pertama mencoba menjauh,  kemudian mencoba bergerak maju, tapi meledak juga.

"Angkatan Bersenjata Ukraina mungkin akan segera memiliki kesempatan unik untuk menghancurkan kendaraan tempur pendukung tank Terminator "tidak ada analog" Kremlin lainnya," seru komandan Hetman Ivan Mazepa.

"Kami mengingatkan bahwa para pembela Ukraina tidak hanya menghancurkan peralatan musuh, tetapi juga merebutnya untuk digunakan lebih lanjut melawan penjajah," katanya.

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar