Ungkap Sudah Banyak Mahasiswa dan Dosen Berpaham Radikal Berkeliaran di Kampus-kampus, Tindakan Ini yang Akan Dikerjakan BNPT

Selasa, 24 Mei 2022 16:03 WIB

Share
Boy Rafli, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) saat diwawancarai di kampus UBK.(Foto: Rika Pangesti)
Boy Rafli, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) saat diwawancarai di kampus UBK.(Foto: Rika Pangesti)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komisaris Jenderal Polisi Boy Rafli Amar mengungkapkan bahwa pihaknya memiliki data mengenai kelompok-kelompok radikal yang berada di kalangan kampus.

"Jadi mereka yang pernah teridentifikasi sebagai pihak yang terlibat itu (radikalisme) beragam latar belakang, termasuk dari kalangan kampus juga ada. Kita punya data itu," ungkap Boy Rafli kepada wartawan, Selasa (24/5/2022).

Lebih lanjut, Boy mengatakan, untuk mengantisipasi pengaruh paham radikalisme di kampus, pihaknya menggandeng beberapa universitas untuk dilakukan sosialisasi pencegahan paham terorisme.

Kali ini, BNPT mengadakan sosialisasi tersebut di Universitas Bung Karno, Jakarta Pusat.

Dia menambahkan, upaya menggandeng kampus merupakan cara mengidentifikasi masuknya paham radikal teroris di kampus.

Sebab, pada beberapa kasus yang ditangani BNPT, terdapat orang yang terpapar paham radikal teroris berlatar belakang dosen bahkan mahasiswa.

"Artinya kami melihat kalangan kampus yang didominasi mahasiswa merupakan kelompok rentan yang perlu kita ingatkan," ungkapnya.

Dia mengaku, ingin adanya ketahanan masyarakat kampus dari pengaruh paham radikal terorisme yang berbasis kekerasan.

"Oleh karena itu kami ingin pengaruh masif dari radikal terorisme ini bisa disadari oleh dunia kampus. Akhirnya mereka waspada. Jadi cepat dalam mengidentifikasikannya," kata Boy saat ditemui di Kampus UBK.

Kemudian, lanjutnya, perang melawan paham radikal terorisme membutuhkan dukungan dari semua pihak, termasuk kampus.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler