Ketua MK Resmi Jadi Adik Ipar Jokowi, Adhie Masardi Sebut MK Bukan Lagi Mahkamah Konstitusi Tapi Mahkamah Keluarga

Sabtu, 28 Mei 2022 23:30 WIB

Share
Pernikahan Jokowi dikhawatirkan berbagai pihak (Kolas IST)
Pernikahan Jokowi dikhawatirkan berbagai pihak (Kolas IST)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pernikahan adik Presiden Joko Widodo, Idayati dengan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman banyak dikhawatirkan berbagai pihak.

Salah satunya, Gerakan Indonesia Bersih (GIB) yang menuding akan adanya mengganggu wewenang MK dalam mengadili uji materi UU yang dibuat pemerintah.

Koordinator Gerakan Indonesia Bersih (GIB) Adhie M. Massardi mengatakan MK kini sudah memiliki kepanjangan yang lain.

Bukan lagi Mahkamah Konstitusi, malainkan Mahkamah Keluarga lantaran dipimpin langsung oleh adik ipar seorang presiden.

Hal itu bisa saja membuat rakyat makin sulit untuk menggugat peraturan atau UU yang dirasa bertentangan dengan UUD 1945 ke MK lantaran adanya faktor kedekatan keluarga tersebut.

“Kian mustahil bagi kita datangi MK pasca jadi Mahkamah Keluarga untuk ajukan uji materi kebijakan kakak ipar yang ngaco,” ujarnya.

“Termasuk untuk minta kepada adik ipar di MK agar cegah perpanjangan kekuasaan until 3 (dan seterusnya) periode,” sambung deklarator Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) itu yang dipancarluaskan lewat akun Twitter pribadi.

Lebih lanjut, Juru bicara Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ini heran dengan dinasti politik yang sedang dibangun Jokowi. 

Pasalnya, baru kali ini ada anak, menantu, dan adik ipar yang menjadi pejabat negara di saat Jokowi masih menjabat sebagai presiden.

“Setelah anak, menantu, adik, ini dinasti apa?” tanyanya heran.

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler