Terkuak,dari 14 Tersangka, 3 Buronan Penipuan Robot Trading DNA PRO Sembunyikan Aset Ratusan Miliar di Virgin Islands

Sabtu, 28 Mei 2022 16:46 WIB

Share
Terkuak,dari 14 Tersangka, 3 Buronan Penipuan Robot Trading DNA PRO Sembunyikan Aset Ratusan Miliar di Virgin Islands
Diirtipideksus Bareskrim Polri Brigjen Whisnu Hermawan di Mabes Polri mengungkapkan 14 pelaku investasi bodong DNA Pro ditetapkan sebagai tersangka, namun 3 masih DPO dan kabur ke luar negeri.(Foto: Zendy)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Bareskrim polri sudah menetapkan 14 orang sebagai tersangka dalam kasus investasi bodong robot trading DNA Pro Akademi. Namun, dari 14 tersangka yang sudah ditetapkan, tiga di antaranya masih masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

Adapun ketiga orang yang masih DPO yakni, Fauzi alias Daniel Zii (DZ), Ferawati (FE) dan Devin alias Devinata Gunawan (DG).

Kasubdit I Dit Tipideksus Bareskrim Polri Kombes Yuldi Yusman mengatakan, tiga tersangka yang kini masuk sebagai DPO memiliki peran berbeda-beda dalam kasus yang tengah ditanganinya itu.

"Peran yang DPO pertama DZ itu sebagai diduga sebagai Owner DNA Pro, perlu kita dalami. Kemudian FE itu sebagai Founder," kata Yuldi kepada wartawan, Sabtu (28/5/2022).

Selanjutnya, tersangka DG sendiri memiliki peran membantu tersangka FE yang menjabat sebagai Founder DNA Pro.

"Kemudian ketiga Devin atau DG peran sebagai CO Founder, orang yang membantu Founder," ujarnya.

Sebelumnya, Bareskrim Polri bakal usut tuntas kasus investasi bodong atau robot trading DNA Pro Akademi. Meskipun beberapa tersangka telah ditangkap, penyidik bakal terus selidiki aset para tersangka tersebut.

Selanjutnya, polri menduga aset para tersangka ada yang disembunyikan ke luar negeri. Alhasil, berdasarkan pelacakan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). Polri menduga aset tersangka ada yang disembunyikan di Kepulauan Virgin (Virgin Islands).

"Ada hasil dari tracing asset follow the money dari PPATK ada beberapa transaksi yang dikirimkan ke luar negeri. Ada satu yang ke Virgin Islands," kata Kasubdit I Dittipideksus Bareskrim Polri Kombes Yuldi Yusman kepada wartawan, Sabtu (28/5/2022).

Diketahui, Virgin Islands terletak di Kepulauan Leeward di Laut Karibia. Yuldi tidak menjelaskan lebih detail lokasi di Virgin Islands yang diduga menjadi tempat tersangka DNA Pro menyembunyikan aset.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar