Belum Kapok, 20 Bushmaster Sumbangan Australia Hancur Dihajar Roket Rusia, Kini Ukraina dapat Bantuan Wolfhound dari Inggris

Senin, 30 Mei 2022 15:54 WIB

Share
Ranpur bantuan Australia Bushmaster yang hancur dihajar roket Rusia.(ist)
Ranpur bantuan Australia Bushmaster yang hancur dihajar roket Rusia.(ist)

UKRAINA, POSKOTA.CO.ID - Bantuan ranpur taktis kembali diterima pasukan Ukraina dalam menghadapi invasi Rusia. Dalam sebuah tayangan video beredar, ada dua kendaraan pendukung taktis berat jenis Wolfhound terlihat.

Belum diketahui berapa banyak ranpur asal Inggris yang diterima tentara Zelensky tersebut. Namun ranpur yang berbentuk seperti truk itu dikelilingi puluhan tentara. 

Bantuan yang baru diterima itu tak langsung diterjunkan ke medan perang. Para tentara itu dilatih lebih dahulu cara untuk menggunakannya.

Kendaraan taktis tersebut dilengkapi senapan mesin berat Browning M2HB 50. Sumber lain menyebutkan kalau senjata ringan itu merupakan  senapan mesin buatan Yugoslavia, Zastava M53.

Wolfhound ini digunakan sebagai transportasi, truk militer yang terlindungi dengan baik. Ini secara aktif digunakan untuk mengangkut berbagai jenis amunisi dan amunisi. Juga, digunakan oleh unit artileri untuk menarik senjata ringan kaliber 105 mm.

Namun dipastikan dalam bantuan ranpur versi Ukraina itu, Wolfhound dilengkapi dengan senapan mesin Browning M2HB 12,7 mm.

Dalam rekaman ini, tentara Ukraina tampaknya berlatih dengan kendaraan yang baru diterima dengan senapan mesin berat Browning M2HB 50 terpasang. Mereka menembaki sebuah benteng pasir yang tak disebutkan keberadaannya.

Sebelumnya, sumbangan kendaraan taktis Bushmaster dari Australia sudah datang. Ada 20 mobil lapis baja Bushmaster yang hancur. Beberapa kendaraan yang hancur itu ada pemukiman Popasnaya dan Trypillia di LPR.

Kendaraan lapis baja Bushmaster sendiri dipasok oleh Australia untuk Angkatan Bersenjata Ukraina pada bulan April, sebanyak 20 unit.

Rupanya, mereka langsung terlempar ke daerah Popasna, di mana terjadi pertempuran sengit antara kelompok Rusia dan pasukan Ukraina.

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar