Partai Nasdem Beri Sinyal Kuat Dukung Anies Baswedan Jadi Capres dan Pilpres 2024, PDIP Ingatkan Presidential Threshold

Senin, 30 Mei 2022 23:30 WIB

Share
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (ist)
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Sinyal kuat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diusung Partai Nasdem untuk Pilpres 2024.

Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto pun turut merespon hal tersebut.

Menurut Hasto, PDIP tidak akan mengintervensi kebijakan yang diambil partai lain.

"PDI Perjuangan tidak pernah intervensi atas kebijakan dan straregi partai politik lain. Setiap partai itu punya hak, punya kedaulatan dalam mengambil keputusan politik," kata Hasto.

Meski begitu, Hasto mengingatkan bahwa ada president treshold dimana syarat ambang batas pencalonan presiden sebesar 20 persen agar sebuah partai politik dapat mengusung calon presiden. 

Menurut Hasto, meminta semua pihak bisa mencermati ketentuan tersebut sebelum mencalonkan seseorang sebagai calon presiden.

"Konsideran dari konstitusi ini harus menjadi suatu perhatian bahwa tidak setiap pihak bisa tiba-tiba mencalonkan tanpa melihat mekanisme konstitusional tersebut, inilah yang seharusnya dicermati bersama," ucap Hasto.

Adapun Rakernas Partai Nasdem pada Juni mendatang akan menghasilkan tiga nama calon presiden yang akan diserahkan kepada Ketua Umum Partai Nasdem.

Ketua Teritorial Pemenangan Pemilu Banten-DKI Jakarta Partai Nasdem A Effendy Choirie mengatakan, Anies merupakan sosok yang dominan muncul dalam bursa capres di internal Nasdem. 

"Ada Anies Baswedan. Nama Anies memang lebih dominan. Kemudian, ada nama Panglima TNI Andika Perkasa, Erick Thohir, ada nama Ganjar. Itu dari luar kader Partai Nasdem," kata Effendy.

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler