Bersih-bersih, Tentara Rusia Ratakan Kota Lyman Donetsk Pakai Rudal-rudal Grad

Selasa, 31 Mei 2022 00:10 WIB

Share
Salah satu artileri medan truk pengangkut roket Grad Rusia untuk meratakan kota Lyman Donetsk.(ist)
Salah satu artileri medan truk pengangkut roket Grad Rusia untuk meratakan kota Lyman Donetsk.(ist)

UKRAINA, POSKOTA.CO.ID - Setelah beberapa kota dan provinsi penting Ukraina dikuasai, kini Rusia mulai bersih-bersih Kota Lyman.

Wilayah dengan populasi penduduk hanya 21 ribuan jiwa ini merupakan  salah satu kota vital Ukraina. Sebab, kota ini berada di persimpangan jalur kereta api. 

Sejak invasi Rusia ke Ukraina, pada pada 27 Mei 2022, Lyman sudah berada di tangan tentara Putin. Meski demikian pasukan infanteri belum bisa melakukan penetrasi ke dalam lantaran masih ada perlawanan dari Brigade Ukraina. 

Karena itu, dibantu drone, Rusia terus melancarkan roket-roket Grad. Peluncur roket berdiameter  122mm dan diangkut tryk Ural ini untuk melumpuhkan brigade senapan motor dan infanteri musuh di beberapa area yang masih dikuasai 

Berbagai macam roket artileri Grad MRL dipakai Rusia dalam konflik ini. Semua roket memiliki desain yang serupa dan berbeda satu sama lain. 

Hanya saja hulu ledak yang digunakan berbeda-beda. Hulu ledak ledak tinggi yang dapat dipisahkan dan tidak dapat dipisahkan, hulu ledak cluster dengan submunisi shaped-charge/fragmentasi, hulu ledak cluster dengan sensor fusi api-dan-sub amunisi.

Lyman adalah sebuah kota di wilayah Donetsk, Ukraina. Secara administratif, sampai 2016 berfungsi sebagai pusat administrasi Lyman Raion, meskipun itu bukan bagian dari Raion. 

Pada Juni 2014, kota ini menjadi lokasi pertempuran selama konflik antara militan Pro Rusia tahun 2014. Namun pada 5 Juni 2014 kota itu kembali di bawah kendali Ukraina.

Tahun 2015 kota ini diubah namanya dari Krasnyi Lyman menjadi Lyman. Nama baru tersebut disetujui oleh Verkhovna Rada (parlemen Ukraina) pada 4 Februari 2016.

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar