Curhat Zelensky Didengar, Jerman Pasok Ukraina Sistem Pertahanan Udara IRIS-T SL Anti Howitzer, Polandia Beri Tank T-72M

Rabu, 1 Juni 2022 16:18 WIB

Share
Sistem pertahanan udara IRIS-T SL buatan Jerman yang akan dipasok ke Ukraina untuk melindungi dari serangan rudal, mortir dan howitzer Rusia.(ist)
Sistem pertahanan udara IRIS-T SL buatan Jerman yang akan dipasok ke Ukraina untuk melindungi dari serangan rudal, mortir dan howitzer Rusia.(ist)

UKRAINA, POSKOTA.CO.ID - Upaya Presiden Ukraina untuk meminta bantuan negara-negara Blok NATO dan sekutunya membuahkan hasil. Sehari sebelumnya, Zelensky diwawancara khusus TV Prancis mengungkapkan bahwa ada jurnalis Prancis yang tewas saat mendapatkan serangan dari Rusia.

Di hari ini waktu setempat, kepada Newsmax, Zelensky mengungkapkan kesedihan terkait 60 hingga 100 prajurit Ukraina mati dalam perang. Menurutnya, lebih dari 500 orang di Ukraina menderita luka-luka selama pertempuran.

Dari penelusuran Poskota.co.id, beberapa tayangan video dan foto memperlihatkan bantuan alat tempur dari beberapa negara sudah mulai berdatangan. Negara Polandia memberikan tank T-72M Polandia yang diangkut menggunakan kereta sedang menuju ke Ukraina.

Polandia juga menyumbangkan meriam self-propelled AHS Krab 155-mm kepada Brigade Artileri ke-26 telah dan  meriam self-propelled 155-mm M109 yang digunakan Brigade Senapan Bermotor ke-72 Angkatan Bersenjata Ukraina.

Terlihat juga meriam self-propelled 155-mm buatan Amerika M 109 dalam pelayanan dengan Brigade Khusus ke-72 Angkatan Bersenjata Ukraina.

Tak hanya itu, dalam pidatonya di Bundestag, Kanselir Jerman Olaf Scholz mengatakan bahwa Jerman akan memasok Ukraina dengan sistem pertahanan udara IRIS-T SL modern. 

Dilaporkan "Deutsche Welle", pemimpin Jerman itu mengatakan bahwa dengan bantuan sistem pertahanan ini, Ukraina akan dapat melindungi seluruh kota besar dari serangan udara Rusia.

Scholz juga mengatakan bahwa Jerman telah berjanji untuk memberikan Ukraina stasiun radar yang mampu mendeteksi howitzer, mortir, dan peluncur roket musuh.

Scholz juga mengatakan bahwa Berlin akan mengirim beberapa sistem peluncuran roket ke Ukraina dalam koordinasi yang erat dengan Amerika Serikat.

Sistem pertahanan udara IRIS-T SL adalah sistem pertahanan udara jarak pendek yang ditingkatkan IRIS-T (mirip dengan AIM-9 Sidewinder). Kompleks ini diproduksi dalam dua versi - IRIS-T SLS (jarak pendek) dan IRIS-T SLM (jarak menengah).

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar