Warga Cipete Diduga Terpapar Virus Tikus, Sudinkes: Hasil Sampel Belum Keluar! 

Kamis, 2 Juni 2022 11:29 WIB

Share
Warga Cipete Diduga Terpapar Virus Tikus, Sudinkes: Hasil Sampel Belum Keluar! 
Warga Cipete Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan, sakit diduga berasal dari virus tikus. (Foto: Ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Saat ini warga Cipete Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan tengah digegerkan virus penyakit yang diduga berasal dari hewan tikus.

Kepala Suku Dinas (Kasudin) Kesehatan Jakarta Selatan, Yudi Dimyati mengatakan, penyakit tersebut belum dapat dipastikan merupakan virus yang berasal dari tikus.

"Belum bisa dipastikan karena hasil sampel dari tikusnya belum keluar sampai saat ini," kata Yudi saat dikonfirmasi, Kamis (2/6/2022).


Adapun sampel tersebut diambil dari tikus-tikus yang diperangkap oleh warga setempat kemudian diserahkan ke pihak Kementerian Kesehatan untuk diambil sampel.

Kemudian, sampel tersebut dikirim ke  Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) dan Institut Pertanian Bogor (IPB).

"Saya dapat info tidak ada yang jatuh sakit. Dan kegiatan pemeriksaan sampel kemarin dalam upaya antisipasi penularan virus melalui tikus," ucap Yudi.

Sebelumnya diketahui, lebih dari delapan orang di dua RT di kawasan Jalan Melati Satu, Cipete Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan terdampak sebuah virus yang diduga berasal dari hewan tikus.


Warga yang mengalami sakit tersebut merupakan warga RT 08 dan 10 RW 02 di Jalan Melati Satu.

M Sofyan selaku ketua RT 08 di Jalan Melati Satu itu mengatakan, awalnya delapan orang tersebut mengalami demam yang tinggi kemudian setelah itu muncul bercak berwarma merah pada bagian tangan dan kaki yang berdekatan.

"Itu demam tinggi, terus sehari kemudian, dia keluar warna merah bercak-bercak merah, seperti tampak, lalu tulang ngilu," kata Sofyan saat dikonfirmasi, Selasa (31/5/2022) malam.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar