Jelang Idul Adha, MUI Imbau Masyarakat Cermat Memilih Hewan Kurban

Minggu, 5 Juni 2022 16:50 WIB

Share
Hewan ternak sapi yang terkena penyakit mulut dan kuku (PMK). (Foto: Ist)
Hewan ternak sapi yang terkena penyakit mulut dan kuku (PMK). (Foto: Ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Jelang perayaan Idul Adha 1443 H/2022, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tangerang, mengimbau masyarakat umat Muslim di wilayahnya agar lebih cermat dan berhati-hati dalam memilih hewan kurban.

"Masyarakat bisa lebih cermat dan hati-hati di dalam memilih hewan kurban, di samping mencukupi syarat syar'i dan sebaiknya hewan yang sudah dinyatakan sehat serta bebas penyakit mulut dan kuku (PMK) oleh Dinas terkait," kata Sekretaris MUI Kabupaten Tangerang, Nur Alam, Minggu (5/6).


Pasalnya, saat ini di Kabupaten Tangerang sudah ditemukan 35 hewan jenis sapi dan kerbau yang terinfeksi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

"Selama ini syarat hewan kurban sudah ditetapkan dalam syariat Islam seperti harus cukup umur, sehat serta tidak cacat," ungkapnya.


Akan tetapi, lanjut Alam, yang bisa menentukan hewan itu sehat atau tidaknya adalah tim pemeriksaan kesehatan yang ada di instansi terkait yaitu Dinas Pertanian Peternakan dan Ketahanan Pangan setempat. 

"Jadi, di samping dengan adanya kasus hewan PMK, maka pemilihan hewan ternak saat ini harus sudah dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh tim dokter," pungkasnya. (Veronica Prasetio)

Reporter: Muhidin
Editor: Muhidin
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler