PDIP di Ambang Perpecahan, Klaim Direstui Jokowi, Projo Main Seruduk Dukung KIB

Senin, 6 Juni 2022 15:30 WIB

Share
Ganjar Pranowo mengaku tidak GR dengan sinyal dukungan yang diberikan Jokowi pada Rakernas ProJo (IST)
Ganjar Pranowo mengaku tidak GR dengan sinyal dukungan yang diberikan Jokowi pada Rakernas ProJo (IST)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Hadirnya Ketua Umum Projo Budi Arie Setiadi dalam acara Silaturahmi Nasional koalisi yang digagas oleh Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Amanat Nasional (PAN) menjadi sinyal untuk mendukung pasangan yang diusung koalisi tersebut.

Menanggapi hal tersebut, pengamat politik Universitas Al-Azhar Indonesia, Ujang Komarudin menilai, suara PDIP di akar rumput akan terpecah apabila relawan Pro-Jokowi memberikan dukungannya kepada Koalisi Indonesia Bersatu.

"Jika benar Projo memberikan suaranya untuk KIB maka suara PDIP akan terpecah. Kan kita tau Projo itu siapa, loyalis Jokowi pada Pilpres 2019 yang notabene dari PDIP," ujar Ujang saat dihubungi Poskota.co.id, Senin, (6/6/2022).

Menurutnya, dengan kehadiran Budi Arie tersebut menunjukkan dukungan Jokowi terhadap KIB. Menurut dia, KIB membutuhkan dukungan dari semua pihak, termasuk Projo untuk bisa memenangkan Pilpres 2024 mendatang.

“Mungkin itu bentuk komunikasi KIB dengan Projo, untuk meyakinkan publik bahwa KIB dapat restu Jokowi. Adanya Projo di acara KIB itu ingin menunjukkan bahwa Jokowi dukung KIB,” jelas Ujang.

Sekadar informasi, Projo memang dikenal sebagai kelompok relawan yang dimotori kader PDIP di berbagai daerah. Saat ini, aroma perpecahan di internal partai berlambang banteng itu pun sudah mulai tercium.

Sejumlah elit PDIP terus menerus menyerang Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo soal manuvernya untuk maju pada Pemilihan Presiden 2024. 

Mereka menilai Ganjar tidak taat dengan perintah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang belum akan memutuskan soal siapa capres yang akan mereka usung. 
(Wanto)
 

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar