Diguyur Hujan Deras dan Diterjang Cuaca Ekstrem, 6 Wilayah di Kabupaten Bogor Dilanda Longsor

Selasa, 7 Juni 2022 16:59 WIB

Share
Diguyur Hujan Deras dan Diterjang Cuaca Ekstrem, 6 Wilayah di Kabupaten Bogor Dilanda Longsor
Sejumlah rumah, sekolah dan fasilitas umum rusak parah akibat tanah longsor dan cuaca ekstrim di enam wilayah di Bogor.(BPBD)

BOGOR, POSKOTA.CO.ID - Dilanda hujan deras dalam sepekan terakhir mengakibatkan tanah longsor di enam wilayah berbeda di Kabupaten Bogor, Selasa (7/6/2022).

Staf Kedaruratan dan Logistik (Ratik) pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Jalaludin mengatakan, pada sepekan terakhir, sedikitnya ada enam bencana longsor di titik berbeda.

"Pada 5 Juni terjadi tanah longsor di Kecamatan Leuwiliang yang berdampak pada dua kelas bagian samping sekolah rusak parah," ungkapnya kepada Poskota.co.id.

Ada pula kejadian tanah longsor di Kecamatan Ciampea yang mengakibatkan satu rumah rusak berat.

"Peristiwa ini terjadi Senin (6/6/2022) malam, di Desa Cinangka, Kecamatan Ciampea yang mengakibatkan rumah ambruk dan jembatan jalan desa amblas," kata Jalal.

Masih pada hari Senin kemarin, disebabkan hujan dengan intensitas yang tinggi dan cukup lama, satu rumah mengalami kerusakan, tertimpa longsor dengan rincian ukuran ketinggian longsoran mencapai 2,5 meter dan panjang 3 Meter.

"Kejadian tersebut terjadi di Desa Ciburuy, Kecamatan Cigombong. Akibatnya, satu rumah milik Dedi mengalami rusak dengan kondisi cukup parah," ujarnya.

Di Desa Sukamaju, Kecamatan Cibungbulang pun terjadi tanah longsor yang membuat TPT dengan ukuran panjang 40 meter, tinggi 25 Meter dan lebar 1 meter longsor dan menimpa 2  unit  rumah warga yang berada di bawahnya, sehingga dua rumah tersebut pun ambruk.

"Tidak ada korban jiwa Dalam kejadian tersebut, namun korban longsor tersebut harus rela mengungsi di tempat saudaranya dulu," kata Jalal.

Tak berhenti di barat Kabupaten Bogor, kali ini longsor pun terjadi di selatan bumi tegar beriman, tepatnya di Desa Gadog, Kecamatan Megamendung, yang diterjang hujan dengan intensitas tinggi sehingga mengakibatkan bangunan turap jalan setapak longsor dengan ukuran Panjang 10 meter, Lebar 1 meter dan tinggi 3 meter. 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar