Ungkap Ada 23 Kantor Khilafatul Muslimin di Seluruh Indonesia, Mabes Polri Baru Memetakan Sejauh Mana Aksi Mereka

Sabtu, 11 Juni 2022 16:43 WIB

Share
Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo.(ist)
Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo.(ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Polisi terus mendalami ruang gerak organisasi Khilafatul Muslimin yang belakangan menjadi 'buah bibir' atas tindakannya yang berupaya mengajak publik untuk mengubah ideologi Pancasila menuju ke Khilafah.

Terkait hal tersebut, Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, hingga saat ini pihaknya terus mendalami terkait keberadaan 23 daulah organisasi Khilafatul Muslimin yang disebut-sebut tersebar dari ujung barat hingga ke ujung timur wilayah Indonesia.

"Semuanya akan didalami. Kan ada 23 kantor wilayah kelompok Khilafatul Muslimin. Itu semua sedang didalami, baik oleh rekan-rekan dari Polres, Polda, termasuk back up dari Mabes Polri dan Detasemen Khusus (Densus) 88 anti teror Polri dalam rangka kasus tersebut," kata Dedi, Sabtu (11/6/2022).

Perwira tinggi Polri itu juga menyebutkan, dari pendalaman penyelidikan itu, kini pihaknya pun telah membuat pemetaan terkait 23 daulah organisasi Khilafatul Muslimin.

"Kita sudah mapping (petakan) semuanya. Tentunya 23 daulah itu ada dari pulau Kalimantan hingga Sulawesi," ujar Dedi.

"Nanti, hasil mapping tersebut akan dikoordinasikan dengan Polda dan Polres. Sehingga dapat dilakukan pendalaman lebih lanjut terkait sejauh mana keterlibatan mwreka dalam rangka menyebarkan paham-paham yang bertentangan dengan Undang-Undang (UU) termasuk tindakan yang membuat suatu kegaduhan di masyarakat," sambung jenderal polisi berbintang dua itu.

Dia melanjutkan, selain melakukan pemetaan terkiat 23 daulah yang dimiliki organisasi Khilafatul Muslimin. Polisi saat ini, juga telah menetapkan satu orang anggota organisasi tersebut sebagai tersangka, setelah sebelumnya juga telah menetapkan status tersangka terhadap empat orang anggota lainnya.

Dia mengungkapkan, satu orang tambahan yang baru saja ditetapkan sebagai tersangka itu, sebelumnya berhasil dibekuk oleh tim dari Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur pada beberapa waktu lalu.

"Untuk kelompok Khilafatul Muslimin, update dari tadi malam, bahwa satu orang telah ditetapkan sebagai tersangka oleh tim dari Polda Jawa Timur," ujar Dedi.

"Informasi yang didapat dari Polda Jatim, satu orang yang ditangkap itu juga merupakan sosok pemimpin kelompok Khilafatul Muslimin," lanjutnya.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler