Menteri Pendidikan Khilafatul Muslimin Ditangkap, Polda Metro Jaya Ungkap Ada 30 Sekolah Sudah Terafiliasi dengan Kelompok Radikal Ini

Senin, 13 Juni 2022 16:48 WIB

Share
Beredar video konvoi pengendara motor membawa poster dan bendera Khilafatul Muslimin saat melintas di wilayah Jakarta Timur, Minggu (29/5/2022).(ist)
Beredar video konvoi pengendara motor membawa poster dan bendera Khilafatul Muslimin saat melintas di wilayah Jakarta Timur, Minggu (29/5/2022).(ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Polda Metro Jaya berhasil menangkap AS (74), sosok yang disebut sebagai Menteri Pendidikan dalam organisasi Khilafatul Muslimin. 

Adapun AS, ditangkap oleh tim penyidik di wilayah Mojokerto, Jawa Timur pada Senin (13/6/2022) sekitar pukul 00.30 WIB dini hari.

Terkait penangkapan tersebut, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Endra Zulpan mengatakan, pihaknya juga mendapatkan data yang menyebutkan ada sebanyak 30 sekolah di Tanah air yang terafiliasi dengan ajaran Khilafah.

"Kita mendapatkan data bahwa ada beberapa sekolah, hampir 30 sekolah yang sudah terafiliasi dengan ajaran khilafah. Yang mana ini dilakukan atau penanggung jawabnya dalam organisasi masyarakat (ormas) Khilafatul Muslimin inu adalah tersangka AS yang kita tangkap dini hari di Mojokerto," kata Zulpan kepada wartawan, Senin (13/6/2022).

Namun sayang, perwira polisi berpangkat melati tiga itu masih enggan membeberkan detail terkait di mana dan bagaimana sekolah tersebut dapat terafiliasi dengan organisasi Khilafatul Muslimin.

"(30 sekolah terafiliasi Khilafah?) Nanti disampaikannya, belum bisa sekarang ya. Ini sebagai awalan saja. Artinya, dari hasil pemeriksaan yang sudah dilakukan, ini merupakan dasar penyidik juga yang melakukan penangkapan terhadap tersangka tersebut," ujar dia.

"Kemudian sekolahnya di mana saja, nanti saya sampaikan ya, intinya itu dulu saja," tutup Zulpan.

Sebelumnya, Zulpan juga mengatakan, selain berperan untuk menetapkan kurikulum, AS juga berperan sebagai pembuat konten di buletin dan artikel yang diterbitkan organisasi Khilafatul Muslimin.

"Yang bersangkutan juga penulis di buletin, koran, dan lain-lain yang di keluarkan oleh Khilafatul Muslimin yang berisikan ajaran ataupun paham yang bertentangan dengan Pancasila," papar dia.

Dengan ditangkapnya AS, ucap Zulpan, hingga saat ini artinya Polda Metro Jaya telah berhasil menangkap sebanyak 6 orang pentolan organisasi Khilafatul Muslimin.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar