Isu Perombakan Kabinet, Presiden Jokowi Panggil Sejumlah Menteri ke Istana Kepresidenan

Selasa, 14 Juni 2022 19:05 WIB

Share
Presiden Joko Widodo saat menghadiri Peringatan ke-75 Hari Bhayangkara di Istana Negara, Jakarta. (ist)
Presiden Joko Widodo saat menghadiri Peringatan ke-75 Hari Bhayangkara di Istana Negara, Jakarta. (ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Presiden Joko Widodo memanggil sejumlah menteri ke Istana Kepresidenan, Selasa sore (14/6/2022). Langkah tersebut terkait  isu reshuffle kabinet yang akan dilakukan pada Rabu (15/6/2022).
       
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang juga menjabat menteri pertahanan di Kabinet Indonesia Maju. Selain itu, nama lainnya, Menteri Perdagangan M. Luthfi, Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil, hingga mantan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.
      
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dikabarkan juga akan dipanggil Jokowi ke Istana. PAN disebut-sebut akan mendapatkan kursi menteri di Kabinet Indonesia Maju, setelah bergabung dalam koalisi partai politik pendukung pemerintah.
      
Sekretaris Kabinet Pramono Anung menegaskan  bahwa reshuffle kabinet merupakan kewenangan penuh Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

      
"Pokoknya itu kewenangan sepenuhnya presiden, maunya kapan, orangnya ada di mana, partainya apa, kebutuhannya apa," jelas Pramono kepada wartawan di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (14/6/2022).
     
Menurut dia, Presiden Jokowi memahami betul kebutuhan di kabinetnya. Termasuk, soal waktu yang tepat untuk melakukan reshuffle kabinet.
      
"Presiden yang tau karena pemerintahan ini kan masih dua tahun lagi sehingga dengan kebutuhan dan kecepatan itu, presiden yang memutuskan," ujarnya.
      
Terkait nama petinggi PAN yang masuk ke kabinet, Pramono belum bisa memastikan. Pasalnya, sosok yang mengisi posisi menteri akan diputuskan langsung oleh Jokowi. 

       
"Jadi yang namanya kabinet itu kewenangan sepenuhnya presiden. Presiden itu mempunyai hak prerogatif. Presiden mau ganti kapan saja, ya, terserah presiden," terang politisi dari PDIP. 
(Agus Johara)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler