Jika Zulhas Jadi Menteri Jokowi, Pengamat Politik Nilai PAN Bakal Raup Keuntungan

Rabu, 15 Juni 2022 10:53 WIB

Share
Jika Zulhas Jadi Menteri Jokowi, Pengamat Politik Nilai PAN Bakal Raup Keuntungan
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Presiden Joko Widodo. (Foto: Kolase olahan Google)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Partai Amanat Nasional (PAN) memprioritaskan ketua umumnya, Zulkifli Hasan, untuk menduduki kursi menteri di tengah isu reshuffle kabinet Indonesia Maju yang sedang berhembus. Di mana nama Zulkifli adalah salah satu yang disebut bakal masuk sebagai menteri.

Menurut pengamat politik Universitas Al-Azhar Indonesia, Ujang Komarudin, PAN akan mendapatkan banyak keuntungan apabila kadernya masuk dalam susunan kabinet Indonesia bersatu. Terlebih saat ini, PAN tengah menggalang kekuatan melalui koalisi Indonesia Bersatu.


"Untungnya ya PAN dapat kekuasaan, dekat dengan istana dan bisa konsolidasi finansial untuk Pemilu 2024 mendatang. Kita kan sudah tahu mereka (PAN) sudah membuat koalisi Indonesia Bersatu untuk persiapan Pilpres 2024,"ujar Ujang kepada Jakarta.Poskota.co.id, Rabu, (15/6/2022).

Zulkifli Hasan sendiri, sudah malang melintang di lingkungan pemerintah. Jauh sebelumnya ia telah dipercaya oleh mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Menteri Kehutanan. Selain malang melintang di ranah eksekutif, Zulhas juga piawai di dunia legislatif. Pada tahun 2014 ia menjabat sebagai Ketua MPR.


"Kalau layak atau tidak, di zaman Presiden SBY, Zulhas sudah pernah jadi menteri. Jokowi pasti sudah tahu plus minusnya," jelas Ujang.

Selain itu, menurut Ujang langkah Presiden Jokowi merombak kabinet Indonesia bersatu menjadi cara agar masyarakat tetap percaya dengan kepemimpinannya. Pasalnya hingga saat ini banyak masalah yang belum terselesaikan, salah satunya masalah minyak goreng yang berlarut-larut.

"Ingin menunjukkan ke publik, bahwa dia serius bekerja keras untuk menuntantaskan janji-janji kampanye dan serius ganti menteri yang tak becus bekerja," kata Ujang.


Sekadar informasi, Presiden Jokowi akan melakukan perombakan kabinet hari ini, Rabu (15/6/2022). Presiden Jokowi disebut-sebut akan melantik Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan mantan Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto menjadi menteri. Pelantikan akan digelar di Istana Negara siang ini.

Dari informasi yang dihimpun, Zulkifli Hasan atau Zulhas akan dilantik menjadi Menteri Perdagangan (Mendag). Sedangkan Hadi Tjahjanto bakal menjabat Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR). Selain itu, Jokowi juga akan melantik tiga wakil menteri. Dua di antaranya bakal menjadi milik Gerindra dan PSI. (CR04)

Reporter: Muhidin
Editor: Muhidin
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar