Tegas! Tidak Urus IMB, Pemkot Bekasi Segel Bangunan Pelaku Usaha di Jalan Palem Raya

Kamis, 16 Juni 2022 09:04 WIB

Share
Tegas! Tidak Urus IMB, Pemkot Bekasi Segel Bangunan Pelaku Usaha di Jalan Palem Raya
Jajaran Pemerintah Kota Bekasi bersama TNI Polri dan tim gabungan melakukan penyegelan bangunan. (Foto: Ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Dinas Tata Ruang (Distaru) Kota Bekasi melakukan penyegelan terhadap bangunan Cluster Green Urban Galaxy Town House yang berlokasi di Jalan Palem Raya RT 04/ RW 01, Kelurahan Jakasetia, Kecamatan Bekasi Selatan pada Rabu (15/06/2022).

Kepala Sub Koordinator Fasilitasi Insentif Disinsentif dan Pembongkaran Bangunan Dinas Tata Ruang Kota Bekasi, Tarmuji menjelaskan, penyegelan dilakukan karena pelaku usaha tersebut belum mengurus perizinan mendirikan bangunan.


"Tindak penyegelan yang kami lakukan hari ini adalah bentuk tegas kami Pemerintah Kota Bekasi dalam hal menerapkan kedisiplinan terhadap warga Kota Bekasi, terkait segala sesuatu yang berurusan dengan perizinan dan administratif agar taat, mematuhi peraturan yang telah ditetapkan" ujar tarmuji, Kamis (16/5/2022).

Bukan tanpa alasan, ia menyebut sebelum melakukan penyegelan, pihaknya telah melakukan memberikan surat peringatan sesuai SOP.

"Kami tidak serta merta melakukan tindak penyegelan ini, namun kami tempuh sesuai dengan SOP yang ada yaitu memberikan surat peringatan namun masih juga belum diindahkan oleh pelaku usaha sehingga mau tidak mau kami harus melakukan tindakan ini supaya pelaku usaha sadar bahwasannya dalam hal membangun bangunan harus ada surat izin mendirikan bangunan baru bisa dilakukan pembangunan,'' jelasnya.


Lebih lanjut, ia mengungkapkan para pelaku usaha dapat kembali melanjutkan pembangunan, dan penyegelan tak berlangsung selama lamanya. Hal ini apabila pelaku usaha dapat menyelesaikan pengurusan administrasi izin mendirikan bangunan.

Adapun penyegelan dilakukan berdasarkan Peraturan Daerah Kota Bekasi nomor 13 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Izin Pemanfaatan Ruang serta Peraturan Daerah Kota Bekasi nomor 04 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan dan Retribusi Izin Mendirikan Bangunan.


Dia mengingatkan bahwa Pemkot Bekasi berharap baik pelaku usaha dan Investor, sebelum melakukan giat usaha agar terlebih dahulu melengkapi dokumen perizinan. Hal ini agar tidak terjadi hal yang sama serta menerapkan dengan mengikuti peraturan daerah. (Ihsan Fahmi)

Reporter: Muhidin
Editor: Muhidin
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar