Merasa Difitnah soal Meme Stupa Mirip Jokowi, Roy Suryo Polisikan Akun Twitter Ini

Jumat, 17 Juni 2022 13:17 WIB

Share
Roy Suryo melaporkan akun Twitter yang menjadi pengunggah pertama meme stupa mirip Presiden Joko Widodo ke Polda Metro Jaya pada Kamis (16/6/2022). (Foto: Poskota/Adam)
Roy Suryo melaporkan akun Twitter yang menjadi pengunggah pertama meme stupa mirip Presiden Joko Widodo ke Polda Metro Jaya pada Kamis (16/6/2022). (Foto: Poskota/Adam)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Polemik pembuat meme stupa Candi Borobudur yang disebut-sebut mirip dengan wajah Presiden Joko Widodo (Jokowi), akhirnya bermuara pada aksi pelaporan kepada Kepolisian.

Eks Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo, melaporkan akun media sosial Twitter yang menjadi sosok pengunggah pertama meme stupa mirip presiden ke Polda Metro Jaya, meski dirinya sendiri sempat mengunggah meme tersebut pada beberapa waktu yang lalu melalui akun Twitter @KRMTRoySuryo2.

"Yang dilaporkan itu adalah pengunggah pertama yang diketahui klien kami ada tiga akun, dan itu sudah dijelaskan dalam cuitan Bang Roy dijelaskan," kata Kuasa hukum Roy Suryo, Pitra Romadhoni kepada wartawan, Kamis (16/6/2022).


Pitra melanjutkan, laporan ini dibuat oleh kliennya lantaran merasa telah difitnah atas polemik unggahan meme yang merespons usulan kenaikan tarif masuk Candi Borobudur itu.

Dalam hal ini, dia menduga ada penggiringan opini yang menyebut bahwa kliennya itu telah menghina kelompok atau pihak tertentu melalui unggahan itu.

Bahkan, dia mengeklaim, politikus partai Demokrat itu sama sekali tidak memiliki niat untuk menghina agama maupun golongan tertentu. Untuk itu laporan ini dibuat untuk menghentikan penggiringan opini sekaligus tuduhan terhadap Roy atas kontroversi meme Jokowi itu.

"Perlu diingat tidak sedikitpun niatan Bang Roy Suryo untuk menghina salah satu agama ataupun golongan tertentu. Melainkan itu bentuk sikap kritis dari beliau terkait dengan tarif kenaikan wisata Candi Borobudur," jelas dia.


Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Roy Suryo juga telah mengklarifikasi bahwa meme stupa Candi Borobudur mirip Jokowi itu pertama kali diunggah oleh sebuah akun Twitter pada 7 Juni.

Tak hanya itu, dia juga menyebut, satu hari berselang atau 8 Juni 2022 beberapa media online ada yang memberitakan soal unggahan meme tersebut. Lalu, ada lagi beberapa akun Twitter yang juga mengunggah meme tersebut.

"Tapi karena saya di-mention, saya kemudian menjawab mention ini dengan kata-kata yang saya menghaluskan jadi dia mengkritik dengan gambar, saya nggak mengkritik dengan gambar, saya mengkritik dengan kata-kata bahwa kenaikan tarif tiket Borobudur itu pokoknya kita protes," kata Roy.

Halaman
Reporter: Muhidin
Editor: Muhidin
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar