Tak Ada tokoh yang Mendominasi, Pertarungan Pilpres 2024 Bakal Berimbang

Senin, 20 Juni 2022 17:17 WIB

Share
Tak Ada tokoh yang Mendominasi, Pertarungan Pilpres 2024 Bakal Berimbang
Ilustrasi Pilpres 2024. (Karikaturis: Poskota/Suroso Imam Utomo)

JAKARTA, POSKOTA.CO ID - Di Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 nanti berbeda karena tidak ada tokoh yang mendominasi sebagai calon presiden (capres), tidak ada yang petahana, atau incumbent (capres yang sedang menjabat).
       
Demikian pendapat pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro yang dihubungi di Jakarta, Senin (20/6/2022).
       
"Di antara mereka yang disebut-sebut sebagai capres, seperti Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Muhaimin Iskandar, atau lainnya semuanya berimbang," terang Siti.
       
Sebab itu, menurut Siti, pimpinan parpol tersebut terus melakukan pertemanan dalam membangun komunikasi politik.

     
"Mereka belum menentukan koalisi partai politik, mereka masih cair masih belum membentuk koalisi," papar Siti.  
      
Apalagi, dikatakan Siti, sudah menjadi tradisi politik Indonesia bahwa penentuan capres dan cawapres dilakukan mendekati pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum (KPU).
        
Namun demikian, tambah Siti, sampai kini belum ada capres yang definitif dari masing-masing partai politik karena itu mereka masih melakukan pertemuan-pertemuan.
      
Meski demikian, Siti menilai, langkah berani dari Partai NasDem melalui Rapat Kerja Nasional yang merekomendasikan tiga nama capres, Anies, Ganjar dan Andhika Perkasa.
     


Ia menambahkan rekomendasi Partai NasDem, sehingga mendapatkan respon dengan adanya pertemuan Prabowo dan Muhaimin. 
     
Siti menerangkan bahwa komunikasi politik akan terus berlanjut menuju Pilpres 2024 dalam membangun kesamaan di antara mereka.
      
"Mungkin dalam pertemuan tersebut mencari keuntungan politik akan menjadi pertimbangan pimpinan parpol masing-masing, misalnya, PKB mungkin lebih memilih berteman atau nantinya berkoalisi dengan Gerindra, karena selain partai besar juga Prabowo memiliki elektabilitas yang tinggi dibandingkan dengan capres lain," Siti menambahkannya. 
(Agus Johara)

 

 

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar