Bawa Kue ulang Tahun dan Tiup Lilin di Hari Ulang Tahun Jokowi, BEM UI: Simbol Perlawanan Terhadap Kejahatan Oligarki

Selasa, 21 Juni 2022 19:39 WIB

Share
Bawa Kue ulang Tahun dan Tiup Lilin di Hari Ulang Tahun Jokowi, BEM UI: Simbol Perlawanan Terhadap Kejahatan Oligarki
Moment massa aksi mahasiswa BEM UI membawa kue ulang tahun dan tiup lilin sebagai hadiah ulang tahun Jokowi.(Foto: Rika)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Aksi demonstrasi yang digelar oleh sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Nasional Reformasi RKUHP pada hari ini Selasa (21/6/2022) diklaim sebagai aksi simbolik perlawanan untuk memperingatkan dan memberi imbauan setiap daerah di Indonesia untuk bergerak melawan terhadap kejahatan oligarki.

Hal ini disampaikan oleh Ketua BEM UI, Bayu Satria Utomo saat aksi demonstrasi berlangsung, di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat.

"Kita sama-sama sepakat bahwa draft 2019 adalah draft yang bermasalah. Kita sama-sama khawatir bahwa draft 2019 RKUHP yang saat ini dipegang oleh Pemerintah dan DPR akan memberengus kebebasan berekspresi kita," ucap Bayu.

Bayu bersama rekan-rekannya hari ini menggelar demonstrasi untuk memperingati hari lahir Presiden RI yang ketujuh, Joko Widodo. Sekaligus memberi peringatan.

Serta membawa kue ulang tahun dengan lilin yang menyala sebagai simbol hadiah ulang tahun.

Tak hanya itu, dalam aksi demonstrasi itu Bayu membacakan somasi untuk Joko Widodo yang dianggap tidak bijak dalam membuat kebijakan.

"Hari ini ulang tahun Presiden Jokowi kami memberikan hadiah ulang tahun kepada Presiden Jokowi yaitu berupa somasi," kata Bayu saat orasi.

"Pada dasarnya RKUHP hadir untuk menjadi dasar hukum pidana di Indonesia yang akan berimbas langsung pada tatanan kehidupan masyarakat luas," tutur Ketua BEM UI.

Namun, Bayu menyayangkan Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP) yang telah dibahas sejak 2019 itu belum dapat diakses oleh masyarakat hingga kini.

"Sayangnya, hingga kini masyarakat masih belum memperoleh akses  terhadap draft terbaru RKUHP. Padahal  terdapat banyak poin permasalahan dari draft RKUHP versi September 2019 yang perlu ditinjau dan dibahas bersama secara substantif diantaranya pasal 273 RKUHP dan pasal 354 RKUHP," paparnya.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar