Waduh, Cagar Budaya Jembatan Kereta Terowongan Tiga Matraman Dekat dengan Lokalisasi dan Perjudian

Selasa, 21 Juni 2022 11:14 WIB

Share
Waduh, Cagar Budaya Jembatan Kereta Terowongan Tiga Matraman Dekat dengan Lokalisasi dan Perjudian
Cagar budaya Jembatan Kereta Terowongan Tiga, Matraman, Jakarta Timur, kondisinya sangat memprihatinkan dekat dengan prostitusi dan ada sampah. (Foto: Poskota/Ardhi)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID -  Objek cagar budaya Jembatan Kereta Terowongan Tiga yang berada di Jalan Bunga I, Kelurahan Palmeriam, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur dalam keadaan memprihatinkan. 

Jembatan yang dibangun pada tahun 1917 itu berada dekat dengan lokalisasi Gunung Antang yang dikenal sebagai tempat prostitusi dan perjudian. 


Menanggapi hal tersebut, pihak dari Suku Dinas Kebudayaan Jakarta Timur membenarkan bahwa lokasi cagar budaya Jembatan Kereta Terowongan Tiga dekat dengan lokalisasi Gunung Antang. 

"Ya betul, lokasi cagar budaya tidak boleh di lingkungannya ada tempat prostitusi," ujar Kasi Perlindungan Sudin Kebudayaan Jakarta Timur, Iyan Iskandar kepada wartawan, Senin (20/6/2022). 


Lebih lanjut, kata Iyan, alasannya karena objek cagar budaya merupakan peninggalan bersejarah yang bernilai tinggi dan patut dihargai keberadaannya. 

"Karena jembatan tersebut memilki nilai sejarah yang harus kita hormati dan hargai," jelas Iyan. 

Sejauh ini, dari Sudin Kebudayan Jakarta Timur telah meninjau lokasi cagar budaya Jembatan Kereta Terowongan Tiga. Kata Iyan, peninjauan dilakukan pada Selasa (31/5/2022) lalu. 


Akibatnya, ada sampah di sekitar aliran terowongan jembatan sehingga merusak pemandangan.

Terkait hal ini, pihaknya telah melayangkan surat ke pemilik aset yakni PT Kereta Api Indonesia (KAI). 

"Kami sudah menyampaikan surat satu Minggu lalu ke PT KAI (Persero) di Bandung sebagai pemilik aset, untuk mengatasi permasalahan tersebut," ucap Iyan. 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar