Siap Bergabung dengan Koalisi 'Semut Merah', Ini Syarat yang Diajukan Partai Nasdem ke Presiden PKS

Rabu, 22 Juni 2022 17:32 WIB

Share
Siap Bergabung dengan Koalisi 'Semut Merah', Ini Syarat yang Diajukan Partai Nasdem ke Presiden PKS
Pertemuan Pengurus PKS dan Partai Nasdem di Nasdem Tower.(Foto/Poskota)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Partai Nasdem membuka diri untuk ikut bergabung di Koalisi Semut Merah yang sedang dalam penjajakan dengan dua partai, yakni Partai Kebangkitan bangsa (PKB) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Hal tersebut diungkapkan Ketua DPP NasDem Willy Aditya usai menerima kunjungan politik Presiden PKS Ahmad Syaikhu bersama jajarannya, Rabu, (22/6/2022). 

Sayangnya Ketua Umum NasDem Surya Paloh tak ikut menyambut kedatangan Presiden PKS di pelataran NasDem Tower.

Menurut Willy, partainya menyadari bahwa NasDem tidak bisa mengusung capres sendirian. Sehingga butuh dukungan partai lain yang tergabung di dalam satu koalisi.

"Semua terbuka. Ini kan koalisi kita terbuka saja. Nasdem tidak punya tiket, dengan partai mana pun kita bisa bekerja sama," kata Willy kepada wartawan.

Hanya saja NasDem akan benar-benar membuka lebar peluang bergabung di Koalisi Semut Merah apabila antara PKB dan PKS dapat mengakomodir tiga calon presiden hasil rekomendasi Rakernas NasDem. Ketiga bakal capres itu ialah Anies Baswedan, Andika Perkasa dan Ganjar Pranowo.

"Yang penting adalah tiga calon yang diusulkan Partai Nasdem yang menjadi benang merahnya. Ya Pak Anis sendiri, ya Pak Andika sendiri, ya Pak Ganjar sendiri. Tiga itulah yang menjadi benang merah Nasdem bisa bekerja sama dengan partai manapun," ujar Willy.

Sebelumnya, NasDem tegaskan tidak akan membangun koalisi dengan partai-partai yang ogah mengusung satu di antara tiga nama calon presiden hasil rekomendasi di Rakernas NasDem.

Diberitakan sebelumnya, ada tiga nama yang direkomendasikan, di antaranya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

"Iya dong. Nggak mungkin. Kan putusan itu kan yang meng-guidance kita," kata Waketum NasDem Ahmad Ali kepasa wartawan Senin (20/6/2022).

Halaman
1 2
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar