Terus 'Serang' Anies, Pengamat Nilai Bakal Jadi Bumerang Bagi PSI

Rabu, 22 Juni 2022 15:21 WIB

Share
Terus 'Serang' Anies, Pengamat Nilai Bakal Jadi Bumerang Bagi PSI
Ketua Umum PSI Giring Ganesha dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Kolase dari Instagram keduanya)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pengamat Politik Jamiluddin Ritonga menilai sikap Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang kerap mengkritisi Anies Baswedan malah membuat efek bumerang bagi PSI sendiri.

"Kritik terhadap Anies yang vulgar dan irasional membuat efek bumerang bagi PSI. Akibatnya, elektabilitas PSI cenderung statis. Bahkan survei terbaru Litbang Kompas, elektabilitas PSI sangat rendah," ujar Ritonga dalam keterangan tertulisnya, Rabu (22/6/2022).


Ritonga menyebut, sikap PSI yang kerap mengkritik Anies justru malah membuat nama Anies melambung. Sebab, kritikan yang dilontarkan partai besutan Grace Natali itu tidak proporsional atau berimbang.

"Kritik yang tidak proporsional, membuat nama Anies semakin melambung. Hal itu terlihat dari elektabilitas Anies yang terus meningkat," kata Ritonga.


Pengamat komunikasi politik asal Universitas Esa Unggul ini juga melihat kritik Anies tanpa kebencian berpeluang membuat PSI semakin rasionalitas.

"Jadi, kalau menyerang Anies menjadi bagian strategi PSI, maka kesalahan besar sudah dilakukan partai tersebut. Mengkritik Anies atas kebencian berpeluang membuat PSI semakin jauh dari rasionalitas. Hal ini akan merugikan PSI sendiri," tandas Ritonga


Diketahui, Partai Besutan Grace Natali ini kerap melontarkan kritikan terhadap Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan. Sampai PSI pun dengan tegas mengambil sikap untuk tidak mendukung Anies pada Pilpres 2024 mendatang. (Aldi)

Reporter: Muhidin
Editor: Muhidin
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar