22 Jalan Diubah dengan Nama-nama Tokoh Betawi, Dukcapil DKI Buka Layanan Ganti Data Kependudukan Gratis Hingga Tuntas

Kamis, 23 Juni 2022 20:46 WIB

Share
22 Jalan Diubah dengan Nama-nama Tokoh Betawi, Dukcapil DKI Buka Layanan Ganti Data Kependudukan Gratis Hingga Tuntas
Pemasangan nama jalan baru menggantikan nama jalan lama. (poskota.co.id/tuahta)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pemerintah Provinsi (Pemorov) DKI Jakarta telah mengubah sebanyak 22 jalan dengan nama-nama tokoh Betawi. Namun, dengan adanya perubahan tersebut, otomatis pasti ada perubahan kolom alamat di KTP, KIA dan juga Kartu Keluarga.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) DKI Jakarta mulai pekan depan akan membuka layanan perubahan data kependudukan bagi mereka yang alamatnya diganti. 

Kepala Dinas Dukcapil DKI Budi Awaluddin mengatakan, untuk proses pembukaan, layanan ini akan dimulai satu minggu ke depan pada loket-loket layanan Dukcapil tiap Kelurahan di DKI Jakarta. 

"Dan Saya akan monitoring secara langsung di lapangan," ujar Budi kepada awak media, Kamis (23/6/2022).

Budi mengatakan, proses tersebut juga dimanfaatkan masyarakat untuk tidak perubahan alamat saja, namun bisa mengupdate biodata terbarunya, seperti status, golongan darah, dan gelar yang mungkin ingin dicantumkan oleh masyarakat.

"Setelah masyarakat mengganti dokumen kependudukannya, secara bertahap bisa melakukan penggantian dokumen lainnya," tuturnya.

Maka dari itu, Budi menjamin warganya bisa mendapatkan layanan Dukcapil dengan gratis hingga tuntas. Jika ada pungli, maka pihaknya meminta kepada masyarakat untuk segera melaporkan.

"Kami tidak akan segan memberikan tindakan tegas bagi petugas yang masih memakai cara lama seperti itu. Hal ini bagian dari komitmen kami kepada masyarakat dalam memberikan layanan yang cepat, akurat dan tuntas," tandasnya.

Sebagaimana diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengubah sebanyak 22 jalan di Jakarta menjadi nama tokoh Betawi. 

Hal itu sesuai dengan Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 565 Tahun 2022 tentang Penetapan Nama Jalan, Gedung dan Zona dengan Nama Tokoh Betawi dan Jakarta. 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar