Mau Kunjungi Ukraina dan Rusia, Presiden Jokowi Bakal Dikawal 39 Paspampres Bersenjata Laras Panjang

Kamis, 23 Juni 2022 21:27 WIB

Share
Mau Kunjungi Ukraina dan Rusia, Presiden Jokowi Bakal Dikawal 39 Paspampres Bersenjata Laras Panjang
Presiden Jokowi saat mengumumkan sudah menandatangani THR dan gaji ke 13 buat ASN, TNI, polri dan pensiunan.(biro press)

JAKARTA,POSKOTA.CO.ID- Sebanyak 39 pasukan pengawal presiden ( Paspampres) akan mengawasi kunjungan kenegaraan ke wilayah konflik yakni, Ukraina dan Rusia pada akhir Juni 2022.
       
Mereka akan dilengkapi senjata dan rompi anti peluru. Untuk kunjungan kali ini, Paspampres punya persiapan khusus dalam mendampingi presiden.
     
Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo mengungkapkan, berhubung akan masuk ke wilayah konflik, Paspampres menyiapkan berbagai peralatan mulai dari helm hingga rompi anti peluru. Pihak Ukraina juga disebut mengizinkan Paspampres membawa senapan laras panjang.
         
Budi Utomo menyebutkan, 39 anggota Paspampres diikutsertakan dalam kunjungan ini. Sebanyak 10 personel tergabung dalam tim penyelamatan, 19 personel grup utama dan 10 personel menjadi tim pendahulu yang sudah berada di Rusia atau Ukraina.

      
"Perlengkapan pun kita sudah siapkan helm, rompi yang kemungkinan kalau memang berkenan digunakan untuk kegiatan di sana, kita juga sudah siapkan semuanya. 
       
"Untuk senjata yang biasanya kita tidak menggunakan senjata laras panjang, dari pihak Ukraina juga sudah memberi kita keleluasaan untuk membawa senjata laras panjang," kata Tri Budi, Kamis (23/6/2022).
       
Ia mencontohkan penyelamatan dari kereta api, penyelamatan di stasiunnya sendiri, di jalan seperti apa, meng-escape beliau, itu kita sudah latihan, itu dari teknisnya.
     
Tim penyelamat khusus biasanya tidak dibawa dalam kunjungan kerja Jokowi. Tim penyelamat dikhususkan ke Rusia dan Ukraina, dengan memakai seragam TNI. 
(Agus Johara)

 

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar