Ditutup 2 Meter Material Longsor, Alat Berat Diterjunkan Buka Akses Jalan Tanjung Sari - Cianten 

Minggu, 26 Juni 2022 15:13 WIB

Share
Ditutup 2 Meter Material Longsor, Alat Berat Diterjunkan Buka Akses Jalan Tanjung Sari - Cianten 
Seunit alat berat diterjunkan ke lokasi bencana di kawasan Pamijahan untuk membuka akses jalan yang tertutup material longsor. (Foto: Billy) 

BOGORPOSKOTA.CO.ID - Akses jalan Cianten - Sukabumi lumpuh total paska bencana banjir bandang dan longsor di kawasan itu.

Tiga unit alat berat pun diturunkan untuk membuka akses jalan yang menghubungkan kawasan Desa Tanjungsari, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor menuju kawasan Sukabumi via Cianten. 

"Tim gabungan bersama PUPR Kabupaten Bogor sudah membuka akses jalan longsor mengunakan tiga alat berat. Titik awal pembukaan jalan dari kampung Tanjung Sari, Desa Purasari, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor," kata Eko, Sulistianto, Kepala UPT Wilayah V Leuwiliang, ditemui di lokasi, Minggu (26/6/2022).

Eko menambahkan, pihaknya baru bisa menembus titik ke empat kawasan yang terjadi longsor.

Jalan tersebut, jelas Eko, merupakan satu-satunya akses warga Desa Purasari dan Tanjungsari yang hingga kini masih terisolir. 

"Kami mulai pengerjaan untuk membuka akses jalan utama menuju Cianten - Sukabumi yang tertimbun longsor di hari ke lima sudah mencapai titik longsor ke empat dan akan mengarah ke titik lima," kata Eko. 

Setelah pembukaan jalan, jajaran Damkar dan BPBD akan melakukan penyemprotan material tanah dan lumpur dengan air melalui unit kendaraan pemadam kebakaran. 

Hasil pemetaan tim gabungan menyebutkan, sejumlah jalan bahkan ambrol sehingga lebih menyerupai jurang.

Pihaknya berencana membuat sejumlah jembatan penghubung antar wilayah tersebut. 

"Kalau dilihat dari titik satu ke titik lima, kedalaman lumpur sampai dua meter dan panjang nya 20- 30 meter, saya berharap warga terdampak bencana di kawasan Cianten dan sekitarnya agar tetap bersabar. Kami terus berupaya untuk membuka akses jalan yang tertimbun longsor," pungkasnya.
(BillyAdhiyaksa

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar