Koalisi untuk Pilpres 2024 Masih Cair, Pakar Politik: Semua Parpol Pragmatis, Tapi Restu Jokowi Akan Lebih Kuat

Minggu, 26 Juni 2022 14:43 WIB

Share
Koalisi untuk Pilpres 2024 Masih Cair, Pakar Politik: Semua Parpol Pragmatis, Tapi Restu Jokowi Akan Lebih Kuat
Anak Indigo menerawang siapa yang bakal menang di Pilpres 2024 (IST)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pakar komunikasi politik Universitas Pelita Harapan Emrus Sihombing mengatakan, adanya koalisi partai politik untuk tahun 2024 masih  cair.

"Partai politik saat ini masih saling menjajaki untuk pilpres 2024. Belum ada yang permanen," katanya, Minggu, (26/6/2022). 

Meskipun partai politik sudah menyatakan  sudah  berkoalisi, masih belum bisa terbaca peta koalisi yang sebenarnya. Karena, lanjutnya, parpol masih saling menjajaki.

"Ketika para ketua partai politik bertemu ini hanya memperjuangan kepentingan politik. Meski pun mereka mengatakan akan mengarah pada koalisi, itu sangat cair," kata Emrus.

Emrus menyebut,  adanya usaha ketua partai untuk berkoalisi menjelang 2024 itu sangat penting.

"Kondisi ini akan membuat masyarakat akan tahu kalau koalisi parpol dipermanenkan. Lebih cepat lebih baik dan diumumkan kepada publik," ujarnya.

Sebab, jika segera diumumkan koalisi permanan ada dua hal yang diperoleh.

"Bisa mempelajari rekam jejak kandidat  (capres, red) tersebut. Termasuk di dalamnya kinerjanya," ucapnya.

Segeranya parpol berkoalisi, lanjutnya,   kita ingin melihat apakah capres akan melanjutkan yang dilakukan Presiden Jokowi  sehingga jangan  membangun dari nol lagi. 

"Paling penting lagi ialah komitmen capres  meneguhkan persatuan dan kesatuan bangsa berlandaskan Pancasila," beber Emrus.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar