Mau Kunjungi Ukraina dan Rusia, Presiden Jokowi Ajak Zelensky dan Putin Hentikan Perang

Minggu, 26 Juni 2022 13:56 WIB

Share
Mau Kunjungi Ukraina dan Rusia, Presiden Jokowi Ajak Zelensky dan Putin Hentikan Perang
Presiden Jokowi akan melakukan kunjungan ke Rusia dan Ukraina dalam rangka penghentian perang. (ist)

JAKARTA,POSKOTA.CO.ID- Presiden Joko Widodo mulai melakukan misi perdamaian dengan mengunjungi dua negara yang sedang konflik, Ukraina dan Rusia.

Selama kunjungan itu, roda Pemerintahan diserahkan ke Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin. 

Presiden yang didampingi Ibu Iriana itu berangkat berangkat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu  (26/6/2022).

Sebelum ke Ukraina, Presiden akan terlebih dahulu mengunjungi Jerman untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 , dan negara terakhir akan dikunjungi Persatuan Emirat Arab.

"Setelah dari Jerman, saya akan mengunjungi Ukraina dan akan bertemu dengan Presiden Zelenskyy. Misinya adalah mengajak Presiden Ukraina, Presiden Zelenskyy, untuk membuka ruang dialog dalam rangka perdamaian, untuk membangun perdamaian, karena memang perang harus dihentikan dan juga yang berkaitan dengan rantai pasok pangan harus diaktifkan kembali," ujar Presiden dalam keterangannya.

Selepas berkunjung ke Ukraina, Presiden Jokowi akan menuju Rusia untuk bertemu dengan Presiden Vladimir Putin.

Pada kesempatan tersebut, Presiden Jokowi mengusung misi perdamaian yang sama dan akan mengajak Presiden Putin untuk membuka ruang dialog dan menghentikan perang.

"Sekali lagi, dengan misi yang sama saya akan mengajak Presiden Putin untuk membuka ruang dialog dan sesegera mungkin untuk melakukan gencatan senjata dan menghentikan perang," lanjutnya.

Dari Rusia, Presiden Jokowi kemudian akan berkunjung ke Persatuan Emirat Arab untuk melanjutkan kembali pembahasan kerja sama ekonomi dan investasi antara Indonesia dengan Persatuan Emirat Arab.

Presiden memandang penting kunjungan ini, bukan hanya untuk Indonesia, melainkan juga untuk negara-negara berkembang lain.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar