Rem Tak Berfungsi, Truk Terguling, 12 Ton Cairan Kimia Hcl Tumpah Genangi Jalan

Minggu, 26 Juni 2022 07:27 WIB

Share
Petugas tengah menutup cairan kimia dengan menggunakan pasir dan kapur. (ist)
Petugas tengah menutup cairan kimia dengan menggunakan pasir dan kapur. (ist)

CILEGON, POSKOTA.CO.ID - Truk tanki B 9448 XJ yang memuat 12 ton cairan hydrochloric (Hcl) mengalami kecelakaan tunggal di Jalan Raya Suralaya-Merak tepatnya di depan kantor Polair Suralaya, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon Sabtu (25/6/2022) sekitar pukul 17.00 WIB.

Kasatlantas Polres Cilegon AKP Yusuf Dwi Admojo MB mengatakan, sebelum mengalami musibah, truk tanki yang dikemudikan Khairul Anwar (24) sebelum mengalami musibah berjalan dari arah Suralaya.

"Rencananya 12 cairan kimia jenis Hcl tersebut akan dibawa ke PT Cakrawala yang berada di Tangerang," terang Kasatlantas kepada Poskota.Co.Id.

Namun sesampainya di lokasi kejadian, tepatnya di jalan menurun, lanjut Kasatlantas, fungsi rem kendaraan truk  tidak berfungsi dengan sempurna. 

Agar tidak terjadi kecelakaan dengan kendaraan lain, sopir warga Kecamatan Cadasari, Kabupaten Pandeglang mencoba membanting stir ke sisi kanan.

Namun naas, truk yang dikemudikannya menabrak pembatas jalan.

"Akibatnya truk tanki terguling dan muatan 12 ton lebih bahan kimia tersebut tumpah menggenangi badan jalan. Beruntung peristiwa tersebut tidak mengakibatkan korban jiwa, hanya kerugian materi," jelas Yusuf.

Kasatlantas menambahkan, jika petugas yang datang kemudian mengevakuasi truk dengan alat berat. Petugas juga memanggil pihak berwenang terkait keamanan cairan tersebut agar tidak membahayakan pengendara lain. 

"Penanganan sementara, petugas menaburkan pasir dan kapur di area yang terkena cairan serta mengevakuasi kendaraan," tuturnya.

Kasatlantas mengimbau kepada pemilik atau pun pengemudi kendaraan agar terlebih dahulu memeriksa kendaraan sebelum dipergunakan. Ini penting dilakukan untuk menghindari terjadinya kecelakaan lalu lintas yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler