Mengerikan, KBMB Temukan 18 WNI Meningal di Tahanan Imigrasi Malaysia Secara Tidak Wajar, Diduga Alami Penyiksaan

Selasa, 28 Juni 2022 12:25 WIB

Share
Mengerikan, KBMB Temukan 18 WNI Meningal di Tahanan Imigrasi Malaysia Secara Tidak Wajar, Diduga Alami Penyiksaan
Ilustrasi meninggal dunia. (Foto: Ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Temuan Koalisi Buruh Migran Berdaulat (KBMB) mengejutkan publik di Tanah Air. Dilaporkan 18 WNI meninggal dunia di Depot Tahanan Imigrasi Tawau, yang diduga tidak wajar. Yakni, diduga dianiaya sebelum meninggal.

KBMB mencatat, sejak 2021 sampai Maret 2022, WNI yang tewas berjumlah 18 orang.


Sementara laporan Kedutaan Besar Malausia di Jakarta, bahwa kematian tahanan imigrasi tersebut disebabkan karena terpapar COVID-19 dan penyakit serius lainnya.

Pihak Kosulat RI di Tawau, Heni Hamidah mengatakan, pihaknya akan menelusuri kasus tersebut. Dikatakan, berdasarkan laporan yang didapat tahun lalu, penyebab kematian Suardi, salah satu tahanan Imigrasi Malaysia, meninggal karena serangan jantung.


"Kita akan telusuri lebih lanjut. Berdasarkan file tertulis di kita, almarhum meninggal arkena heart attack,'' ujar Heni.

Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta, dalam keterangannya menyebutkan total ada 149 tahanan asal Indonesia yang meninggal dunia di Depot Tahanan di seluruh Sabah.


Jumlah kematian WNI tersebut membuat KBMB terkejut ternyata lebih tinggi dari yang mereka kira.

"Kami beruntung karena mendapatkan kesempatan untuk bertemu para deportan sejak hari pertama mereka dideportasi, sehingga kami banyak tentang berbagai bentuk kekerasan dan pelanggaran HAM,'' ujar anggota tim pencari fakta KBMB, Abu Mufakhir. (*)


 

Reporter: Muhidin
Editor: Muhidin
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar