Nama Jalan Berubah, Kasudin Dukcapil Jaktim Pastikan Urus Dokumen Gratis  

Rabu, 29 Juni 2022 17:59 WIB

Share
Nama Jalan Berubah, Kasudin Dukcapil Jaktim Pastikan Urus Dokumen Gratis  
Kepala Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jakarta Timur, Noufan (tengah) bersama warga saat mengurus dokumen perubahan nama jalan. (Foto: Poskota/Ardhi)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jakarta Timur memastikan warga tidak akan dikenakan biaya dalam mengurus perubahan alamat dokumen pribadi terkait pergantian nama jalan.

Seperti mengurus KTP, KK, Akta Kelahiran, dan surat lainnya. Begitu pun dengan kepengurusan dokumen di bawah naungan kepolisian seperti STNK dan surat kendaraan lainnya. 


"Yang pasti warga tidak perlu cemas karena TNI-Polri akan melakukan hal yang sama terhadap perubahan ini, tidak akan dipungut biaya. Semuanya gratis," kata Kepala Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jakarta Timur, Noufan, Rabu (29/6/2022). 

"Masalah STNK, kepemilikan kendaraan bermotor dari kepolisian juga berkomitmen akan mengratiskan kepada masyarakat yang mengalami (dampak) perubahan (nama jalan)," sambungnya.

Terkait warga yang masih mengeluhkan soal perubahan nama jalan, dirinya memahami hal tersebut. 


"Ada saja warga yang mungkin belum sepaham karena belum tentu warga bisa beradaptasi dengan cepat. Mereka ketakutan mengenai pergantian nama ini," ucap Noufan. 

Lanjut Noufan, permintaan perubahan alamat dokumen pribadi sebagai dampak dari pergantian nama jalan, hingga kini paling banyak berasal dari warga di wilayah Jakarta Timur. Dia menyebut jumlahnya berkisar 3 ribu warga. 

"Di (Jakarta) Timur ini kan daerah hunian kalau di wilayah (Jakarta) lain mungkin yang terkena wilayah perkantoran," kata Noufan. 

Lamin (50), salah satu warga yang terdampak mengaku senang sudah bisa mengubah alamat KTP keluarganya.

"Ini ngubah KTP satu keluarga, ada empat orang. Alamat awalnya Jalan Bambu Apus Raya diubah jadi Jalan Mpok Nori," kata Lamin.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar