Poktan Ampar Adhum Bersama PLN Sulap Gang di Jakarta Timur Jadi Hijau dan Instagramable

Kamis, 30 Juni 2022 17:30 WIB

Share
Poktan Ampar Adhum Bersama PLN Sulap Gang jadi Hijau dan Instagramable di Jakarta Timur (Dok PLN)
Poktan Ampar Adhum Bersama PLN Sulap Gang jadi Hijau dan Instagramable di Jakarta Timur (Dok PLN)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Suasana rapi, hijau, dan nyaman di Jalan Bekasi Timur IV, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, membuat orang yang melintas ingin berhenti sejenak untuk berfoto. 

Gang hijau yang instragamable tersebut dikelola oleh Kelompok Tani (Poktan) Ampar Adhum dan menjadi yang pertama di Kelurahan Cipinang Besar Utara.

Berawal dari kepedulian masyarakat sekitar didukung dengan perangkat masyarakat dan juga PLN Peduli, wilayah perkampungan di Jalan Bekasi Timur IV ini berubah menjadi Gang Hijau dengan berbagai hasil tanaman yang kaya manfaat. 

Kehadiran Gang Hijau memberikan kesempatan bagi masyarakat sekitar daerah tersebut untuk menyalurkan hobi menanam pohon. 

Rimbunnya pepohonan juga memberikan asupan oksigen untuk mengurangi efek polusi udara.

Sebanyak 40 persen tumbuhan yang ditanam merupakan tanaman sayuran dan buah. 

Dimana hasil panen tersebut dapat mencukupi kebutuhan sayur dan buah bagi masyarakat. 

Keberadaan gang hijau ini menjadi ruang edukasi bagi masyarakat, PKK, Karang Taruna, maupun sekolah-sekolah.

“Kehadiran PLN Peduli dalam bentuk Greenhouse Hidroponik, Greenhouse Budidaya Anggur, serta Program Gang Hijau untuk masyarakat RT 08 RW 08 Kelurahan Cipinang Besar menjadi sebuah modal bagi masyarakat yang tinggal di sekitar Gang Hijau untuk mengembangkan hobi yang dapat memberikan nilai tambah bagi warga dan lingkungan sekitar,” ungkap Senior Manager Komunikasi dan Umum PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya, Kemas Abdul Gaffur. 

Ketua Poktan Ampar Adhum, Fikri Husin menyampaikan hasil panen dari Gang Hijau ini sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan sayur dan buah untuk masyarakat di RT 08 RW 08 Kelurahan Cipinang Besar Utara. 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler