Gegara Kasus Raba-raba Payudara di Angkot Ibu Kota, Dishub Pisah Tempat Duduk Pria dan Wanita

Senin, 11 Juli 2022 20:48 WIB

Share
Ilustrasi. (Foto: Ist)
Ilustrasi. (Foto: Ist)

JAKARTAPOSKOTA.CO.ID - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta akan membuat aturan baru yang memisahkan antara penumpang pria di dalam angkutan kota (angkot). 

Hal ini menyusul adanya tindak pelecehan seksual di dalam angkutan kota (angkot).

Untuk saat ini, Dishub DKI sedang menyusun Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) operasional Angkot dengan sejumlah pihak terkait yang akan diterapkan pada minggu ini.

"Ya, jadi dalam minggu ini kami akan mengeluarkan petunjuk teknis terkait pelaksanaan standar pelayanan minimum untuk layanan angkutan kota sehingga untuk angkot di Jakarta tentu layanannya adalah tempat duduknya ada dua baris, yang di sisi kiri dan sisi kanan," kata Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo di Balai Kota DKI Senin (11/7/2022).

Nantinya, dikatakan Syafrin, ketika kebijakan ini diterapkan penumpang wanita diminta duduk di sisi kiri angkot atau kursi berkapasitas empat orang. Sementara untuk pria di sebelah kiri, yakni kursi untuk enam orang.

"Dalam Juklak akan mengarahkan seluruh operator mikro trans maupun angkot untuk penumpang yang wanita diprioritaskan duduk di sisi sebelah kiri sementara yg pria akan diarahkan untuk duduk di sisi sebelah kanan," ucapnya.

Oleh karena itu, anak buah Anies Baswedan ini berharap, dengan kebijakan tersebut diharapkan potensi terjadinya pelecehan seksual bisa diminimalisir. 

Sebab, lanjut Syafrin, penumpang pria dan wanita tidak lagi duduk bersebelahan serta lebih mudah dipantau oleh pramudi angkot.

"Sehingga akan ada pemisahan secara fisik, tidak lagi bercampur dan dengan pola ini tentu kita berharap bahwa pramudi akan dengan mudah mengawasi karena spion di tengah akan memantau jika terjadi pergerakan antardepan," tandasnya.

Sebelumnya, beredar viral video pelecehan seksual di media sosial setelah diunggah akun Instragram @lensa_berita_jakarta.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler