Panen Anggur di SPBU, Anies Baswedan Kaget Buah itu Bisa Tumbuh di Tempat Panas

Jumat, 22 Juli 2022 17:07 WIB

Share
Suasana kebun anggur di SPBU Tenan, Cilincing. (doc. Pemprov)
Suasana kebun anggur di SPBU Tenan, Cilincing. (doc. Pemprov)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan jajarannya memanen anggur di di kawasan SPBU Tenan, Jalan Cakung Cilincing Raya, Jakarta Utara, Jumat (22/7/ 2022).

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, kebun anggur  di kawasan SPBU ini merupakan wujud inisiatif luar biasa dari warga yang didukung kolaborasi dengan Pemda DKI dan pihak Swasta.

Anies berharap, dengan adanya kebun anggur ini dapat menjadi tempat pembelajaran bagi semua, tentang bagaimana mengembangkan dan menumbuhkan tanaman anggur di suhu tropis, tetapi dengan hasil yang tetap dapat dinikmati.

"Apa yang terjadi? Perubahan luar biasa, tempat ini menjadi tempat kita semua belajar bagaimana anggur ditanam di Cilincing Jakarta Utara," ujar Anies dalam keterangan tertulis, Jumat (22/7/2022).

"Ini tidak terbayang bagaimana Cilincing diasosiasikan sebagai daerah yang panas, gersang, dan anggur merupakan tumbuhan yang tumbuh di kondisi sejuk, teduh. Tapi, di sini malah tumbuh 70 jenis anggur," terangnya menambahkan.

Lanjut, orang nomor satu di Jakarta ini juga berharap, anggur yang kerap dibilang buah dengan harga mahal dapat dinikmati oleh semua kalangan, karena sudah memiliki pengetahuan bagaimana membudidayakan buah yang kaya akan nutrisi tersebut.

"Ya kita ingin anggur menjadi tanaman yang bisa ditanam dan dikosumsi oleh siapa saja, karena selama ini anggur diasosiasikan sebagai buah dengan harga mahal. Sehingga, apabila semua menanam, maka semua bisa menikmati anggur," imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, Suharini Eliawati mengimbau kepada masyarakat yang ingin belajar dan menanam anggur di ruang yang terbatas, dapat langsung mengunjungi kebun anggur di Cilincing ini.

Sebab, kata Eli biasa disapa, bibit anggur juga sudah disediakan secara gratis oleh kelompok Tani binaan Dinas KPKP di kebun anggur yang luasnya 800 meter persegi ini.

"Kami sudah pesankan kepada pemilik lahan agar tak ada jual beli, jadi ini semua gratis dibagikan ke masyarakat yang berminat dan harus dipelihara," tandas Eli.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler