JK Minta Tarif Masuk Wisata Pulau Komodo Diturunkan jadi 1 Juta Rupiah

Sabtu, 6 Agustus 2022 19:40 WIB

Share
JK Minta Tarif Masuk Wisata Pulau Komodo Diturunkan jadi 1 Juta Rupiah
Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) M. Jusuf Kalla. (ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Baru-baru ini destinasi wisata Pulau Komodo menjadi sorotan. 

Pasalnya, pemerintah telah resmi mengeluarkan kebijakan kenaikan harga tiket destinasi wisata tersebut menjadi Rp 3,75 juta. 

Sontak hal tersebut membuat masyarakat sekitar marah sehingga melakukan aksi unjuk rasa. 

Sebab, kenaikan harga tersebut berdampak pada kondisi ekonomi di Pulau Komodo.

Eks Wakil Presiden Era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Era Presiden Joko Widodo periode pertama Jusuf Kalla atau yang biasa disapa JK menyoroti kenaikan harga destinasi wisata Pulau Komodo yang terletak di Nusa Tenggara Timur itu.

Menurutnya, pemberlakuan tarif baru yang tinggi sebesar Rp 3,75 juta untuk menikmati wisata Komodo, mengusik ketenangan daerah tujuan wisata Komodo.

"Dengan pemberlakuan tarif baru yang tinggi secara signifikan dapat mempengaruhi jumlah kunjungan wisata ke Labuan Bajo. Yang terkena imbasnya adalah dunia wisata," kata JK dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (6/8/2022).

JK yang pernah  mengemban tugas sebagai Duta pemenangan Komodo sebagai tujuh keajaiban dunia yang baru The New Seven Wonders 2012-2013 itu mengaku prihatin.

Karena, pada sektor tersebut banyak masyarakat yang menggantungkan hidupnya. 

Seperti, perhotelan, kuliner, pelayaran, unit usaha usaha kecil masyarakat hingga nelayan penangkap ikan yang membantu memenuhi kebutuhan warga sekitar ikut terkena imbas dari kenaikan harga tersebut. 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar