IPW Minta Pengacara Brigadir J Buka-bukaan Soal Rayuan Orang Mabes Polri: Siapa Nama dan Pangkatnya!

Minggu, 7 Agustus 2022 16:20 WIB

Share
Ketua IPW minta Pengacara Brigadir J buka-bukaan soal ada orang Mabes Polri yang merayu dirinya (Kolase IST)
Ketua IPW minta Pengacara Brigadir J buka-bukaan soal ada orang Mabes Polri yang merayu dirinya (Kolase IST)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Ketua Indonesia Police Watch (IPW), Sugeng Teguh meminta pengacara Brigadir J,  Kamaruddin Simanjuntak buka-bukaan soal rayuan dari orang Mabes Polri.

Kamaruddin mengatakan terdapat  orang yang mengaku dari Mabes Polri tersebut datang untuk membujuk dirinya menutupi kasus kematian Brigadir J dengan imbalan sejumlah uang.

Sugeng pun menyarankan  Kamaruddin untuk menceritakan detailnya kepada Timsus yang mendapat tugas mengusut tuntas perkara tersebut.

Hal ini agar Inspektorat Khusus (Irsus) yang dipimpin oleh Irwasum Polri Komjen Agung Budi Maryoto bisa melakukan pendalaman.

"Kalau itu benar ada, Kamaruddin harus membuka nama, pangkat, terus waktu pertemuan, dan penawarannya apa, kemudian isi pembicaraannya apa kepada timsus secara rahasia, secara tertutup," kata Sugeng.

"Bagian dari menutup kasus, kan, sudah dilakukan dari awal. Jadi ini sama dengan yang dilakukan dari awal oleh mereka yang menutup kasus," ujar Mas Sugeng, panggilan akrabnya.

Sebelumnya, Kamaruddin mengaku tidak ingin membahas tawaran tersebut karena tidak pengin mengganggu proses penanganan kasus kematian Brigadir J.

"Enggak usah dibahas itu menjadi pengalihan isu nanti. Jadi, enggak fokus nanti tujuan ini. Kami fokus pada perkara ini saja," ucap Kamaruddin.

Dalam kasus yang menewaskan Brigadir J itu, penyidik Bareskrim Polri telah menetapkan Bharada E sebagai tersangka pada Rabu (3/8). Bharada E dijerat dengan Pasal 338 KUHP tentang pembunuhan, juncto Pasal 55 KUHP tentang turut serta dan Pasal 56 KUHP tentang membantu melakukan kejahatan.

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar