Ritual Rutin Tahunan, Bentuk Syukur kepada Tuhan, Warga Sidamukti Pandeglang Larung Kepala Kerbau ke Laut

Minggu, 14 Agustus 2022 10:28 WIB

Share
Ritual Rutin Tahunan, Bentuk Syukur kepada Tuhan, Warga Sidamukti Pandeglang Larung Kepala Kerbau ke Laut
Warga Sidamukti Pandeglang siap-siap melakukan ritual tahunan larung saji kepala kerbau ke laut. (Foto: Poskota/Samsul Fatoni)

PANDEGLANG, POSKOTA.CO.ID - Ribuan masyarakat Desa Sidamukti, Kecamatan Sukaresmi, Pandeglang, berkumpul di dermaga Tempat Pelelangan Ikan (TPI) I Sidamukti, Minggu (14/8/2022).

Warga berkumpul di tepi laut tersebut, untuk bersiap-siap akan melakukan larung saji ke tengah laut dalam acara ruatan laut tersebut.


Puluhan perahu nelayan yang sudah dihias dengan berbagai pernak-pernik sudah berjejeran di pinggir laut disiapkan untuk arak-arakan warga ke tengah laut dalam acara larung saji tersenut.

Menurut cerita warga sekitar, larung saji merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun sekali. Larung saji merupakan ritual membuang kepala hewan ternak jenis kerbau ke tengah laut.


"Iya, kegiatan ini sudah menjadi tradisi masyarakat nelayan di Sidamukti. Ini bentuk tanda syukur terhadap sang maha pencipta," ungkap Esih, salah seorang warga di lokasi.

Susi, warga lainnya mengaku, ia bersama warga yang lain berkumpul di dermaga untuk siap-siap naik perahu pawai ke tengah laut. Kata dia, acara kali ini dirasa lebih meriah, karena dua tahun lalu tidak ada acara ini.


"Memang biasanya tiap tahun. Namun, karena dua tahun lalu ada COVID-19 acara ini tidak ada. Baru kali ini tasyakuran laut bisa digelar lagi," katanya.

Saat ditanya apakah dirinya akan ikut naik perahu bersama warga lainnya arak-arakan ke laut. Ia mengaku akan ikut karena acara serunya di tengah laut. 

"Iya ikut, kan saya ke sini mau ikut pawai larung saji di tengah laut," ujarnya. (Samsul Fatoni)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar