Kenang Prof Azyumardi Azra, Anies: Sosok Sederhana, Simpel yang Memiliki Pemikiran Paling Banyak 

Selasa, 20 September 2022 16:34 WIB

Share
Anies Baswedan dan mendiang Prof Azyumardi Azra. (Foto: Kolase dari Google)
Anies Baswedan dan mendiang Prof Azyumardi Azra. (Foto: Kolase dari Google)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan turut mengikuti salat gaib almarhum Prof Dr Azyumardi Azra di kompleks Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Ciputat, Tanggerang Selatan, Selasa (20/9/2022).

Anies mengungkapkan, bahwa banyak sekali kenangan yang tak bisa dilupakan sesama hidup bersama Prof Azra.


"Banyak sekali (kenangan), saya berkegiatan dengan beliau, di kampus, ketika beliau menjadi penasihat wapres banyak kegiatan bersama," ujar Anies kepada awak media, Selasa (20/9/2022).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini juga mengungkapkan, prof Azra merupakan sosok yang sederhana dan pintar.

"Beliau itu sangat simpel, pergi kemana kecil bawaan sedikit, tapi ilmu paling banyak, diskusi paling banyak, pergi lama pun bawaannya simpel, pribadi sederhana tapi memiliki pemikiran yang banyak," ungkap Anies.


Semasa hidupnya, dikatakan Anies, Azyumardi Azra juga sosok yang sangat mengabdi pada bangsa, sebab di samping ia mengajar sebagai dosen, karya tulisnya juga selalu menyentuh banyak orang.

"Ini menandakan beliau semasa hidup telah menyentuh begitu banyak orang lewat tulisan, pemikiran, pengajaran yang dilakukan selama ini, dan kampus UIN ini menjadi salah satu bukti pengabdian nyata almarhum kepada kemajuan ilmu, pengembangan umat pada bangsa dan negara," beber Anies

Almarhum, lanjut Anies, juga pribadi yang terus menerus konsisten dalam menjaga agar Indonesia tetap menjadi negeri yang maju dalam demokrasi yang terkonsolidasi.


"Beliau terus menerus dalam berbagai tulisan berbagai kuliah menyampaikan pentingnya menjaga agar demokrasi kita terus berkualitas, beliau tidak segan melontarkan pikiran yang mungkin terasa kurang nyaman bagi mereka yang mengganggu demokrasi kita," tuturnya.

"Jadi ini salah satu pilar penjaga demokrasi dan kita semua kehilangan. Tapi kami yakin beliau husnul khatimah dan keluarga diberikan ketabahan," pungkas Anies menambahkan.

Halaman
Reporter: Muhidin
Editor: Muhidin
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler