Pemerintah Bagi-bagi Kompor Listrik Gratis, DPR RI: Percuma Tidak Dapat Digunakan!

Jumat, 23 September 2022 18:57 WIB

Share
Ilustrasi kompor listrik. (Foto: Ist)
Ilustrasi kompor listrik. (Foto: Ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Anggota Komisi VII DPR RI, Sartono Hutomo menegaskan, rencana untuk mengganti gas elpiji 3 kilogram (kg) menjadi kompor listrik tidak sesederhana hanya memberikan kompor listrik. 

Ada banyak hal yang perlu dipikirkan dan kenyataan bahwa pengguna gas 3 kg ini merupakan rakyat kecil. 


"Penggantian gas 3 kg ke kompor listrik tidak dapat dilakukan dengan maksimal karena daya listrik tidak memadai," kata Sartono kepada wartawan, Kamis (22/9/2022).

Berdasarkan data tahun 2021, sebanyak 97% pengguna listrik rumah tangga merupakan golongan R1 di mana sebagian besar berlangganan di bawah 1300 watt dan daya maksimal golongan R1 adalah 2200 watt.


Adapun kompor listrik diberikan 1000 watt. Di mana 24,3 juta rakyat kecil menggunakan daya listrik 450 watt dan 8,2 juta konsumen rumah tangga yang menggunakan listrik 900 watt. Hal ini sudah pasti rakyat kecil tidak sanggup menggunakan kompor tersebut.

"Apabila hanya menggunakan peralatan masak biasa, sudah dipastikan tidak akan optimal. Apakah pemerintah mau memberikan peralatan masak yang sesuai dengan kompor tersebut? Percuma diberikan kompor apabila tidak dapat digunakan," tuksa Sartono. (Rizal)

Reporter: Muhidin
Editor: Muhidin
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar