Waduh! Hujan Lebat, Sejumlah Wilayah Lebak Dilanda Banjir, Longsor Hingga Angin Puting Beliung

Jumat, 23 September 2022 20:20 WIB

Share
Bencana banjir yang terjadi di sejumlah wilayah di Lebak. (Foto: Ist)
Bencana banjir yang terjadi di sejumlah wilayah di Lebak. (Foto: Ist)

LEBAK, POSKOTA.CO.ID - Bencana banjir, tanah longsor dan angin puting beliung, melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Lebak, saat cuaca hujan melanda wilayah tersebut, Jumat (23/9/2022).

Dari informasi yang berhasil dihimpun, bencana banjir melanda dua desa di Kecamatan Bayah, Lebak di antaranya Desa Bayah Barta dan Desa Cimancak. 

Kemudian, untuk bencana tanah longsor terjadi di Kampung Sukajaya, Desa Bayah Timur, Kecamatan Bayah. Kemudian peristiwa pohon tumbang akibat angin kencang terjadi di Kampung Ciseel, Desa Cikatomas, Kecamatan Cilograng.


Peristiwa pohon tumbang melintang jalan di ruas jalan Bayah-Cikotok dan pohon tumbang juga terjadi di sekitar Kecamatan Curugbitung.

Diketahui, dari data sementara ada sebanyak tiga bangunan rumah warga di Kecamatan Cilograng rusak akibat bencana tanah longsor. 

Namun, dari dampak bencana banjir terlihat sebagian akses jalan, area pesawahan dan permukiman warga di wilayah Bayah terendam. Seperti di ruas jalan Bayah-Cikotok, akses lalu lintas di jalur tersebut lumpuh total.

Kepala BPBD Lebak, Febby Rizki Pratama mengungkapkan, dampak dari hujan dengan intensitas tinggi, yang terjadi sejak pukul 15:30 WIB. Menimbulkan bencana alam yang terjadi di sejumlah wilayah di Lebak, Banten.


"Seperti di wilayah Kecamatan Bayah. Telah terjadi bencana banjir dan tanah longsor, sehingga sejumlah bangunan rumah warga terkena dampak tanah longsor," ungkapnya.

Namun lanjut Febby, pihaknya bersama tim saat ini masih melakukan pendataan. Jadi belum bisa dipastikan berapa jumlah rumah warga yang terdampak bencana, baik banjir maupun tanah longsor.

"Kalau untuk tanah longsor di Cilograng, data sementara ada tiga rumah yang terdampak. Tapi korban terdampak bencana banjir masih dilakukan pendataan oleh tim di lapangan," katanya.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar