Soal Kelanjutan Hunian Tanpa DP 0 Rupiah, Anies Ogah Komentar 

Selasa, 27 September 2022 11:31 WIB

Share
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Foto: Ist)
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Foto: Ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merencanakan kelanjutan pembangunan rumah tanpa DP alias DP 0 rupiah untuk dijalankan oleh Penjabat (Pj) Gubernur selanjutnya.

Hal ini tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 25 Tahun 2022 tentang Rencana Pembangunan Daerah (RPD) DKI Jakarta tahun 2023 - 2026. 

Namun, saat ditanya mengenai hal tersebut, Anies belum mau berkomentar.


"Nanti biar dijelasin lengkap aja semuanya. Kan semuanya sudah jadi satu programnya jadi satu kesatuan," kata Anies di Jakarta, Selasa (27/9/2022).

Jika dilihat dalam dokumen RPD, Anies menjabarkan sejumlah upaya untuk mendukung kebijakan pelaksanaan DP Rp 0 rupiah. Di antaranya adalah pengadaan tanah melalui kewajiban pihak ketiga, kerja sama business to business, BUMN, BUMD, Swasta.

Selanjutnya, kata dia, penganggaran dana fasilitas pembiayaan pemilikan rumah. Kemudian, kebijakan batasan harga jual rumah untuk masyarakat yang mengakses fasilitas pembiayaan pemilikan rumah. Lalu, kerja sama dengan bank pelaksana penyaluran kredit atau fasilitas pembiayaan pemilikan rumah. 


Serta pembentukan badan layanan umum daerah (BLUD) yang bertugas mengelola dana perumahan program DP Nol Rupiah.

Dalam RPD ini, Anies menurunkan target jumlah unit Rumah DP Rp 0 rupiah yang dibangun. 

Sebelumnya saat awal menjabat, mantan menteri pendidikan dan kebudayaan ini menargetkan pembangunan 232.214 unit yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017-2022.

Kini, Anies menurunkan target unit rumah untuk dikerjakan Pemprov DKI menjadi tak sampai 10 ribu unit.

Halaman
Reporter: Muhidin
Editor: Muhidin
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar