RSUD Tangerang Siap Tangani Penyakit Ginjal Akut, di Indonesia 133 Anak Meninggal Dunia 

Minggu, 23 Oktober 2022 09:16 WIB

Share
Ilustrasi anak idap gagal ginjal. (Foto: Pixabay)
Ilustrasi anak idap gagal ginjal. (Foto: Pixabay)

TANGERANG, POSKOTA.CO.ID - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Tangerang, Banten kini tengah menyiapkan tim untuk penanganan pasien yang terkena gangguan penyakit ginjal akut di daerah itu.

"Terkait penanganan, kita sudah siapkan dokter anak, ada di tim kelompok staf medis (KSM). Itu lebih dari dua dokter yang siap," kata Kepala Instalasi Hukum Publikasi dan Informasi (HPI) RSUD Kabupaten Tangerang, Hilwani di Tangerang, Minggu (23/10/2022).


Ia mengatakan, penyediaan tim medis khusus ini merupakan langkah RSUD untuk antisipasi jika nantinya ditemukan pasien penderita penyakit misterius tersebut.

"Namun hingga saat ini, untuk pasien (Ginjal Akut) di RSUD Tangerang belum ada," ungkapnya.

Nantinya, untuk teknis pelayanan pada penanganan ginjal akut masih sama seperti pelayanan pasien biasa. Hanya saja dalam penanganan akan dilakukan terlebih dahulu proses skrining pasien.  


"Nanti kalau ada pasien gawat darurat kita tempatkan di IGD dengan diskrining, kalau misal tidak gawat darurat pasien bisa di bawa ke klinik rawat jalan di RSUD Kabupaten Tangerang," ujarnya.

Ia menambahkan, sebagai tindak lanjuti Instruksi Kemenkes RI dan Dinas Kesehatan, RSUD Kabupaten Tangerang kini telah melakukan penarikan berbagai jenis obat sirup yang tersedia di tempatnya.


"Kemudian bila ada resep dokter terkait obat sirup itu, nanti diganti ke obat-obat di luar jenis sirup, atau pakai jenis puyer atau pun obat pengganti lainnya," pungkasnya. 

Sekadar informasi, Menteri Kesehatan RI mengumumkan hingga saat ini jumlah kasus gagal ginjal tembus 241 kasus. Adapun 133 anak dilaporkan meninggal dunia karena kasus tersebut. (Veronica Prasetio)


 

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler