Dua Pejabat BPOM Dicecar Penyidik Soal Kasus Gagal Ginjal Anak

Minggu, 13 November 2022 10:07 WIB

Share
Ilustrasi kasus gagal ginjal akut. (Foto: Is)
Ilustrasi kasus gagal ginjal akut. (Foto: Is)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Dua orang pejabat Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), memenuhi undangan pemeriksaan tim penyidik gabungan Dittipidter Bareskrim Polri guna mendalami unsur pidana dalam kasus dugaan Gagal Ginjal Akut Progresif Atipikal (GGAPA).

Kehadiran dua pejabat Badan POM ke Bareskrim Polri itu dibenarkan oleh Dirtipidter Bareskrim Polri, Brigjen Pol Pipit Rismanto.

Pipit menyebut, kedua bawahan Penny Lukito itu datang dan memberikan keterangannya ke Kantor Bareskrim Polri pada hari Jumat (11/11/2022) lalu.


"Sebenarnya kemarin hari Jumat itu, baru kita mintai keterangan terhadap dua orang. Itu ada dari bidang pengawasan dan bidang mutu BPOM. Kita periksa sebagai saksi," kata Pipit saat dikonfirmasi Minggu (13/11/2022).

Pipit menjelaskan, sejatinya pihaknya mengagendakan pemeriksaan terhadap empat pejabat dari Badan POM dalam pengusutan kasus gagal ginjal akut ini.


Namun, karena yang baru memenuhi undangan hanya sebagian, maka agenda pemanggilan ulang akan tetap dilakukan tim penyidik gabungan Bareskrim Polri.

"Tentunya kita akan panggil semua, kita panggil keempatnya," ujar Pipit.


Sebagai informasi, tim gabungan penyidik Bareskrim Polri mencatat jika jumlah temuan kasus GGAPA di Indonesia telah mencapai 324 orang hingga kurun waktu Minggu, 6 November 2022.

Ratusan kasus itu tersebar di 28 Provinsi di Indonesia dengan angka kasus kematian ditemukan pada 195 anak. (Adam)
 

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar